Kementan Usulkan Tambahan Anggaran untuk Penanganan PMK Jadi Rp 4,6 Triliun

Kompas.com - 27/06/2022, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan ada tambahan anggaran penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang semulanya diusulkan hanya Rp 4,42 triliun, menjadi Rp 4,66 triliun.

“Perkembangan terbaru Rakortas 22 Juni 2022 kami melakukan reevaluasi terhadap usulan tersebut sehingga anggarannya secara rinci totalnya Rp 4,66 triliun,” ujar Sekretaris Jenderal Kementan, Kasdi Subagyono dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR Jakarta, Senin (27/6/2022).

Lebih lanjut Kasdi membeberkan, anggaran penanganan PMK tersebut nantinya digunakan untuk pengadaan vaksin dan sarana pendukungnya Rp 2,6 triliun, operasional vaksinasi Rp 866,2 miliar, pendataan ternak Rp 570 miliar, bantuan penggantian ternak Rp 225 miliar, serta penanganan dan pencegahan penyebaran PMK Rp 159,5 miliar.

Baca juga: 240.944 Hewan Ternak Terjangkit PMK, 78.626 Ekor di Antaranya Sudah Sembuh

"Pengadaan vaksin dan sarana pendukungnya Rp 2,6 triliun, total dua kali vaksin ditambah satu kali vaksin booster. Jumlah dosisnya 43,6 juta dosis yang akan kita adakan dalam rangka untuk vaksinasi ternak," kata Kasdi.

Adapun jumlah tersebut, lanjut dia, termasuk pengadaan vitamin dan obat-obatan sebanyak 3,3 juta, 312 kilogramdisinfektan, logistik pendukung vaksinasi dan logistik pendukung obat-obatan, rantai dingin, distribusi vaksin dan obat, pengujian cepat pra vaksinasi, alat dan mesin produksi vaksin Rp 65 miliar, dan pengambilan dan pengujian PMK.

Kemudian untuk pendataan ternak, Kasdi mengatakan Kementan mengusulkan anggaran sebesar Rp 570 miliar.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Indonesia Butuh 28 Juta Dosis Vaksin Buat Tangani PMK

Pendataan ternak ini meliputi pendataan dan penandaan ternak, aplikasi pendataan ternak, operasional pendataan, hingga keperluan advokasi penanganan PMK.

Selanjutnya untuk bantuan penggantian ternak dianggarkan sebesar Rp 225 miliar untuk 500.000 ekor ternak dengan besaran per ekor ternak mendapat Rp 15 juta. Namun Kasdi mengatakan biaya pergantian yang disetujui adalah Rp 10 juta per ekor.

“Berkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran PMK ini akan khusus untuk pendanaan di badan karantina yang nilainya Rp 159,5 miliar,” jelasnya.

Baca juga: Kementan: Kunci Berhasilnya Vaksinasi PMK, Partisipasi Aktif Peternak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.