Dulu Andalkan Pinjol untuk Modal, Seniman Ini Dapat Bantuan Mesin Laser Ukir dari Sandiaga Uno

Kompas.com - 03/08/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Belitar Seberang, Bengkulu. Pada kunjungannya Sandiaga bertemu dengan Wimmy (40) yang aktif berkarya menggunakan media alat laser di Roemah Ekraf Belirang.

Sandiaga menyebut, Wimmy merupakan seorang seniman asli di Belitar Seberang yang merakit alatnya sendiri dengan modal awal Rp 3 juta yang didapatnya dengan uang hasil meminjam ke pinjaman online (pinjol).

Dalam kunjungannya, Sandiaga memberikan bantuan tambahan satu set mesin laser ukir kepada Wimmy agar dapat memproduksi ukiran lebih banyak dan lebih cepat.

"Saya telah sampai di Roemah Ekraf Belirang, tadi kata tim saya Pak Wimmy ini memiliki kendala. Yaitu berkeinginan menambah mesin laser ukir untuk pengerjaan gambar agar dapat menghasilkan banyak karya," kata Sandiaga dalam siaran pers, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Cerita Perajin Batik Madura Tanjungbumi: Sebulan Bisa Laku Lebih dari 100 Lembar Usai Gabung Marketplace Bakaoo.id

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengapresiasi Siswanto (43) seorang pelukis dengan media kanvas, dinding, serta kaca. Sandiaga memberikan tantangan lukisan untuk Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

"Saya tantang membuat lukisan lebih besar untuk acara malam Anugerah Desa Wisata dengan tema 50 Desa Wisata terbaik ADWI 2022," ujar Sandiaga.

Baca juga: Datangi Desa Wisata Sembungan, Sandiaga Uno Dicurhati Pedagang Kopi Tertua di Sikunir

Dengan ekspresi senang Siswanto menerima tantangan tersebut dalam waktu tiga bulan. Tantangan ini sekaligus menjadi sebuah kebanggaan bagi Siswanto karena karyanya akan diperkenalkan di Jakarta.

Sandiaga, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. Selain itu, harapannya Desa Belitar Seberang dapat dikenal hingga ke Mancanegara.

"Harapannya agar wisatawan yang berkunjung semakin meningkat, lapangan kerja semakin terbuka, dan mudah-mudahan Desa Belitar Seberang ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian lukisan ukiran kayu. Serta name tag menuliskan nama Sandiaga Uno berasal dari bahasa Aksara Rejang.

Baca juga: Runtuhnya Usaha Petani Rakyat Akibat RI Masih Bergantung Impor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.