RILIS BIZ

Startup Digital Sehat Jadi Pondasi Ekosistem Digital yang Kuat

Kompas.com - 09/08/2022, 20:25 WIB


KOMPAS.com – Pegiat startup Tanah Air berkali-kali mendapat tantangan. Setelah dampak pandemi Covid-19, kini mereka dihadapkan pada bocornya startup bubble.

“Fenomena bocornya startup bubble ditandai dengan beberapa startup yang secara serentak merumahkan karyawan dalam jumlah yang besar,” ujar Chief Executive Officer BNI Ventures Eddi Danusaputro dalam diskusi Startup Digital Sehat Digital Untuk Pondasi Ekosistem Digital Kuat di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Padahal, melirik jejak startup beberapa tahun ke belakang, Tanah Air punya catatan yang baik. Laporan Startup Ranking yang dipublikasi pada April 2022 menyebut bahwa Indonesia merupakan negara kelima yang memiliki jumlah startup terbanyak, yaitu 2.346.

Adapun industri dari perusahaan rintisan di Tanah Air terdiri dari banyak sektor, mulai dari ride-hailing, fintech, edutech, hingga telemedicine.

Kejayaan startup di Tanah Air juga terlihat pada 2019 saat startup berada pada puncak ekosistem ekonomi digital Indonesia. Menurut riset yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Co pada tahun itu, Indonesia menjadi negara yang startup-nya menerima jumlah funding terbanyak di antara negara lain.

Angka funding diperkirakan akan tetap menjadi yang paling tinggi pada 2025. Dengan kondisi tersebut, ekonomi digital Indonesia pada 2019 memiliki ukuran lebih dari empat kali lipat sejak 2015 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 49 persen per tahun. Nilainya diperkirakan mencapai 40 miliar dollar AS.

Dengan angka tersebut, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbaik di Asia Tenggara pada 2019.

Adanya tantangan yang terjadi pada tahun ini, harus pula dicari solusinya.

Eddi menambahkan, salah satu penyebab dari kebocoran startup bubble adalah bergantungnya startup pada pendanaan dari venture capitalist.

Efisiensi melalui pengurangan karyawan yang dilakukan dinilai oleh beberapa startup perlu dilakukan karena investor melakukan pengetatan kucuran dana.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.