Tarif Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 A Gratis Sampai 21 Agustus 2022

Kompas.com - 11/08/2022, 12:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menggratiskan tarif tol Serpong-Balaraja seksi 1A mulai 10-21 Agustus 2022.

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, jalan tol yang memiliki panjang 5,15 kilometer (km) ini telah menjalani uji laik fungsi dan uji laik operasi dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Polri pada 22-24 Juli lalu.

Kini jalan tol yang menghubungkan Serpong hingga simpang susun (SS) CBD ini akan dioperasikan fungsional secara gratis sampai diresmikan dan beroperasi sepenuhnya setelah 21 Agustus mendatang.

Baca juga: Daftar Tarif Tol Surabaya-Gresik 2022 untuk Golongan I-V

Dalam mendukung kesiapan pengoperasian jalan tol ini juga telah dipasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai, dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol.

Dengan memberlakukan tarif gratis, BPJT turut mendukung kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition BSD City beberapa waktu mendatang.

Baca juga: Mau ke GIIAS 2022, Bisa Lewat Tol Serpong-Balaraja yang Masih Gratis

Adapun pembangunan Tol Serpong-Balaraja bertujuan untuk menyediakan jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten yang berpotensi semakin berkembang.

Jalan Tol Serpong-Balaraja dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja yang terdiri atas 3 seksi, yakni seksi I BSD–Legok sejauh 11,3 km, seksi II Legok–Tigaraksa Selatan 10,7 km, dan seksi III Tigaraksa Selatan–Balaraja 17,8 km.

Keistimewaan Jalan Tol Serpong-Balaraja juga akan terkoneksi dengan sejumlah Jalan Tol lainnya, yaitu jalan Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan alan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Baca juga: Tarif Tol Soreang-Pasir Koja Naik Mulai Hari Ini, Simak Rinciannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.