BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

6 Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki untuk Mempermudah Hidup

Kompas.com - 11/08/2022, 11:18 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan teknologi digital telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat modern. Hal ini tak lepas dari kemudahan yang diberikan teknologi digital dalam segala aktivitas.

Seperti diketahui, setiap orang saat ini dapat melakukan berbagai hal secara praktis dan efisien dengan bantuan aplikasi digital yang tersedia pada smartphone.

Dilansir dari laman itchronicles.com, Kamis (7/1/2021), kemudahan tersebut dapat dirasakan dalam berbagai hal, mulai dari komunikasi, mencari informasi, belajar, hingga mengelola keuangan.

Nah, setidaknya ada enam aplikasi digital yang perlu kamu pasang di smartphone jika ingin merasakan kemudahan-kemudahan tersebut. Simak rekomendasi berikut.

1. Duolingo

Pada era globalisasi seperti saat ini, penguasaan bahasa asing menjadi salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki. Maka tak heran, aplikasi belajar bahasa menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan.

Bagi kamu yang sedang ingin belajar banyak bahasa, Duolingo menjadi aplikasi yang tepat untuk diunduh.

Dengan menggunakan Duolingo, kamu dapat mempelajari puluhan bahasa secara mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini juga dapat menyesuaikan level sesuai tingkat kemahiran yang dimiliki.

Baca juga: Jenius Sebar Promo BirthYay Serba 6 pada Perayaan Ultah Ke-6, Apa Saja?

2. PicsArt Photo Studio

Peningkatan penggunaan smartphone dengan kamera berkualitas tinggi turut memengaruhi pemakaian aplikasi editing foto.

Pasalnya, fitur editing bawaan yang tersedia pada smartphone cenderung terbatas. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi editing tambahan kerap jadi solusi.

Salah satu aplikasi editing foto terbaik yang bisa kamu coba adalah PicsArt Photo Studio. Kamu dapat melakukan editing dengan aplikasi ini secara puas karena telah dilengkapi dengan tools yang cukup lengkap.

Kamu dapat melakukan penambahan filter, mengganti latar, dan mengkreasikan hasil gambar sesuai dengan keinginan. Serunya, seluruh fitur tersebut bisa dirasakan kemudahannya secara gratis.

3. Google Drive

Seiring dengan bertambahnya aktivitas yang dilakukan di ranah online, maka keberadaan penyimpanan data digital berbasis cloud, seperti Google Drive, amat dibutuhkan.

Dengan Google Drive, kamu dapat menyimpan data digital dalam jumlah besar secara aman dan efisien. Sebab, data disimpan dalam cloud dan dapat diakses kapan saja serta dari mana saja melalui perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Penyimpanan dalam cloud digemari lantaran memiliki banyak kelebihan, seperti punya kapasitas besar, dapat mengedit langsung data yang ada, serta bisa berbagi dan berkolaborasi dengan banyak orang.

Tak lupa, kamu juga bisa mengatur privasi dari datamu sendiri menggunakan pengaturan yang tersedia pada masing-masing folder ataupun dokumen.

Baca juga: Sering Merayakan Hal Kecil dan Punya Prinsip Mengatur Keuangan, Begini Kedekatan Sophia Latjuba dan Eva Celia

4. Cookpad

Kamu mau coba-coba masak, tapi bingung cari di mana resepnya? Nah, aplikasi Cookpad bisa jadi solusi untuk kamu yang mau mempelajari berbagai resep makanan tanpa repot melakukan browsing.

Kamu hanya perlu memasukkan informasi jenis makanan yang ingin dibuat. Kemudian, Cookpad akan langsung menampilkan pilihan resep makanan tersebut dari pengguna lain. Selebihnya tinggal kamu pilih resep yang sesuai dengan preferensi kamu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa berbagi resep makananmu sendiri di akunmu agar dapat dibaca dan dipraktikkan kembali oleh orang lain.

5. Gmailify

Pekerjaanmu menuntut untuk memiliki e-mail lebih dari satu? Sah-sah saja. Sayangnya, kamu bisa jadi repot karena harus membuka beragam aplikasi penyedia e-mail untuk mengecek setiap pesan baru yang kamu terima.

Agar lebih praktis, kamu bisa menggunakan Gmailify. Aplikasi ini dapat membantu kamu mengumpulkan semua pesan dari akun tersebut dalam satu folder kotak masuk. Ini berarti, tidak akan ada pesan yang terlewatkan oleh kamu tanpa perlu mengecek satu persatu seluruh akun e-mail-mu.

6. Jenius

Jenius adalah aplikasi bank digital dari Bank BTPN yang hadir untuk memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas finansial, seperti menabung, bertransaksi, berinvestasi, dan mengelola keuangan. Bahkan, aktivasi akun Jenius pun bisa dilakukan tanpa perlu pergi ke bank, cukup melalui video call.

Hadir sejak 2016, aplikasi Jenius mampu memberikan manfaat besar bagi penggunanya, terutama bagi para masyarakat digital savvy, melalui berbagai layanan yang disediakan.

Baca juga: Jenius Rilis Dua Fitur Terbaru, Bantu Pengguna Kelola Uang Lebih Rapi

Sophia Latjuba menggunakan aplikasi Jenius untuk mempermudah aktivitas finansialnya.Dok. Jenius Sophia Latjuba menggunakan aplikasi Jenius untuk mempermudah aktivitas finansialnya.

Untuk mempermudah aktivitas transaksi, misalnya, aplikasi Jenius telah dilengkapi dengan sejumlah fitur pembayaran. Salah satunya, kartu debit virtual atau e-Card.

Sebagai informasi, e-Card adalah kartu debit nonfisik yang akan tersedia secara otomatis setelah kamu mengaktifkan akun di aplikasi Jenius.

Dengan e-Card, kamu bisa bertransaksi secara online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa, seperti belanja online dan bayar tagihan musik streaming.

Adapun untuk mempermudah pembayaran, baik secara online maupun offline, Jenius juga memiliki kartu debit utama atau m-Card yang juga bisa dihubungkan pada tujuh pilihan mata uang asing yang tersedia di aplikasi tersebut.

Selain itu, ada juga kartu debit tambahan atau x-Card untuk mempermudah kamu dalam mengatur pos-pos pengeluaran kebutuhan, seperti belanja atau transportasi. Kamu bisa membuat maksimal tiga x-Card melalui aplikasi Jenius.

Untuk diketahui, kartu debit Jenius m-Card dan x-Card sudah terkoneksi dengan jaringan Visa dan bisa digunakan untuk tarik tunai di sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM), seperti ATM Prima, Bersama, mancanegara, serta bertransaksi online dan offline di seluruh merchant Visa.

Kemudian, ada fitur Moneytory. Fitur ini merupakan buku harian keuangan yang akan mencatat setiap transaksi secara otomatis.

Berkat itu, kamu tidak perlu lagi repot mencatat pengeluaran secara manual. Pemasukan dan pengeluaran pun jadi semakin mudah dipantau.

Baca juga: Jenius Tambah Fitur Baru, Mulai Rp 10.000 Bisa Investasi Reksa Dana

Dengan fitur Moneytory, kamu akan tergerak utuk memulai langkah kecil untuk membangun kebiasaan pengelolaan keuangan yang baik dan bijak.

Tak ketinggalan, ada juga fitur Jenius Pay untuk membuat transaksi online di berbagai merchant rekanan Jenius menjadi jauh lebih praktis.

Lewat fitur Jenius Pay, kamu jadi bisa melakukan transaksi tanpa memerlukan kartu debit, kartu kredit, ataupun melakukan transfer antarbank. Untuk menggunakan layanan ini, kamu cukup memasukkan informasi $Cashtag Jenius kamu.

Agar dapat menggunakan semua layanan pembayaran dari Jenius, kamu wajib membuat akun terlebih dahulu.

Bagi yang hendak melakukan aktivasi akun, saat ini, Jenius tengah mengadakan promo aktivasi spesial ulang tahun Jenius. Promo ini berlaku hingga 31 Agustus 2022.

Untuk mendapatkan promo tersebut, kamu cukup menggunakan kode referral $ULTAHJENIUS6 di aplikasi Jenius saat registrasi untuk mendapatkan ekstra saldo Jenius Rp 60.000.

Sebagai informasi, Jenius tengah merayakan hari jadinya yang ke-6 pada Agustus 2022. Sejak hadir di Indonesia, Jenius memiliki komitmen besar untuk selalu menghadirkan berbagai inovasi digital yang mempermudah seluruh digital savvy dalam melakukan aktivitas finansial.

Masih dalam rangka perayaan hari jadi ke-6, Jenius juga menghadirkan kampanye #langkahkecilhariini untuk mengajak masyarakat digital savvy di Indonesia untuk membuat serta merayakan langkah kecil mereka dalam mewujudkan kebiasaan hidup dan finansial yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut terkait aplikasi Jenius dan berbagai fiturnya, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Nah, itulah enam aplikasi yang bisa bikin aktivitas sehari-hari di era digital makin efisien dan praktis. Pastikan kamu juga telah menggunakannya, ya.


komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com