Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kudu Insight
Riset dan analisis

Kudu Insight merupakan kolaborasi Kompas.com dan Kudu, periset dan pengolah data. Kudu Insight menyajikan kajian, analisis, dan visualisasi olah data digital atas fenomena dan peristiwa yang mencuat di publik dan ranah digital.

Mengejar Harga Rumah dengan Upah Minimum

Kompas.com - 11/08/2022, 09:46 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nurvirta Monarizqa, Ingki Rinaldi, & Palupi Annisa Auliani

HARGA rumah sekarang semakin mahal. Namun, seberapa mahal? Bagaimana pula korelasi harga rumah dengan pendapatan warga, terutama yang nominalnya di rentang upah minimum?

  • "Sulitnya generasi milenial memiliki rumah." ~ Menteri Keuangan, Sri Mulyani~
  • Skema KPR puluhan tahun yang menjadikan harga rumah secara fundamental terus terkerek naik. Asumsi ini dibuktikan lewat riset.
  • Data harga belum memperhitungkan tingkat inflasi

Baca juga: Rasio Harga Rumah di Bandung, Jakarta, dan Denpasar Lebih Tinggi dari New York, Singapura, dan Tokyo, Apa Solusi Pemerintah?

Mula-mula, Kudu mencari tahu pergerakan harga rumah dengan melihat data dari platform jual beli OLX di alamat situs olx.co.id pada 29 Juni 2022.

Platform digital itu dipilih berdasarkan pertimbangan popularitas dan situs ini termasuk salah satu situs jual beli rumah terbaik dan terpercaya versi Finansialku, perusahaan perencanaan keuangan yang juga memiliki portal edukasi, aplikasi keuangan, dan konsultasi keuangan.

Di tiap provinsi, Kudu mengambil jumlah rumah yang ditawarkan dalam listing iklan dengan rentang harga tertentu.

Baca juga: Bekasi Catat Kenaikan Harga Rumah Seken Tertinggi Se-Jabodetabek

Di tiap rentang harga, Kudu mencoba mengambil sampel minimal 100 rumah hingga batas maksimum di setiap kelompok rentang harga, untuk melihat kisaran detail rumah yang ditawarkan.

Distribusi listing rumah pada rentang harga tertentu di situs jual beli rumah olx.com yang diakses pada 29 Juni 2022.KUDU INSIGHT/NURVIRTA MONARIZQA Distribusi listing rumah pada rentang harga tertentu di situs jual beli rumah olx.com yang diakses pada 29 Juni 2022.

Hasilnya, median harga rumah di Indonesia ternyata Rp 1 miliar. Median adalah nilai tengah dari sederet data setelah diurutkan, bukan rata-rata.

Baca juga: Sempat Terkoreksi, Bagaimana Nasib Harga Rumah Mewah pada 2022?

Kudu sadar bahwa data OLX belum tentu representatif. Beberapa provinsi memiliki jumlah data yang jauh lebih sedikit dibanding provinsi lain. Bisa jadi, nilai median harga di atas tersebab data dari kawasan Jakarta tersedia lebih banyak.

Kemungkinan lain, terjadi data skew atau kecondongan data yang lebih ke arah listing rumah-rumah dengan harga mahal.

Hal ini potensial terjadi karena orang-orang di kelas ekonomi menengah ke atas yang cenderung memiliki privilese untuk melakukan listing iklan penawaran rumah di platform dimaksud.

Baca juga: Harga Rumah Bisa Turun, Ini Penyebabnya

Untuk meminimalkan hal tersebut, Kudu mengambil median harga di tiap kabupaten/kota, untuk kemudian dicari kembali mediannya. Dari situ, median harga rumah per kabupaten/kota adalah Rp 575 juta.

Analisis median per kabupaten/kota dilakukan dengan terlebih dahulu menyisihkan data di kabupaten/kota yang jumlah listing iklannya kurang dari 100. Pasalnya, analisis median hanya dilakukan untuk data kabupaten/kota dengan jumlah listing di atas 100 iklan.

Berkaitan dengan itu, di beberapa provinsi yang hanya ada satu kabupaten/kota dengan jumlah listing iklan lebih dari 100 maka nilai maksimum akan sama dengan nilai minimum.

Distribusi median harga rumah per kabupaten/kota berdasarkan listing rumah di situs jual beli rumah olx.com yang diakses pada 29 Juni 2022.KUDU INSIGHT/NURVIRTA MONARIZQA Distribusi median harga rumah per kabupaten/kota berdasarkan listing rumah di situs jual beli rumah olx.com yang diakses pada 29 Juni 2022.

Tiap kabupaten/kota ternyata memiliki median harga rumah yang berbeda. Kabupaten Kampar di Riau, misalnya, menjadi kabupaten/kota tempat harga rumah-rumah termurah berada, dengan median harga senilai Rp 170 juta.

Baca juga: Pandemi Picu Harga Rumah di Dunia Melonjak, Tertinggi sejak 2004

KUDU INSIGHT/NURVIRTA MONARIZQA 30 Kabupaten/Kota dengan Median Harga Rumah Tertinggi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com