Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Setor Dividen ke Kas Negara Rp 14 Triliun, Pertamina Baru Rp 730 Miliar

Kompas.com - 13/08/2022, 07:53 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kurnia Chairi menyebut BUMN sektor perbankan menyumbang dividen terbesar pada Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Secara umum sejak 2018 sampai 2021 bahkan 2022, kita bisa kelompokkan, terutama BUMN dari sektor perbankan, yakni Bank Mandiri, BRI (Bank Rakyat Indonesia), dan BNI (Bank Negara Indonesia), masuk dalam 10 BUMN penyumbang dividen terbesar,” katanya dikutip dari Antara, Sabtu (13/8/2022).

Selain sektor perbankan, dividen BUMN sektor energi seperti Pertamina dan PLN juga terus masuk ke dalam 10 penyumbang dividen terbesar kepada PNBP sejak 2018.

“Sektor lain yang kita cermati dan prospeknya sangat menjanjikan adalah telekomunikasi. Di 2021 Telkom menjadi penyumbang utama dividen BUMN untuk PNBP, di 2022 Telkom juga masih tetap besar nilai dividennya walaupun dalam urutan lebih rendah,” katanya.

Baca juga: Bedanya Kantor Pajak KPP Pratama, KPP Madya, dan KPP Wajib Pajak Besar

Sementara itu dividen sektor transportasi juga mulai kembali pulih setelah sempat terdampak Covid-19, misalnya Pelindo yang hanya menyumbang dividen senilai Rp 0,56 triliun pada 2021 dan meningkat menjadi Rp 1,23 triliun pada 2022.

“Ini mencerminkan aktivitas ekonomi, pergerakan orang dan barang yang dikelola Pelindo meningkat sehingga penerimaan dividen darinya juga meningkat. Namun tentu kembali kepada kebijakan bagaimana distribusi dividen saat RUPS juga,” katanya.

Pada 2022 Bank BRI menjadi penyumbang dividen terbesar bagi PNBP yakni senilai Rp 14,05 triliun, disusul Bank Mandiri Rp 8,75 triliun, Telkom Rp 7,74 triliun, BNI Rp 1,64 triliun, dan Pelindo Rp 1,32 triliun.

Selanjutnya Inalum juga menjadi salah satu dari sepuluh penyumbang dividen BUMN terbesar bagi PNBP senilai Rp 0,90 triliun, PLN Rp 0,75 triliun, Pertamina Rp 0,73 triliun, Semen Indonesia Rp 0,52 triliun, SMI Rp 0,46 triliun, dan BUMN lain Rp 1,06 triliun.

Baca juga: Daftar 7 BUMN Terbesar di Indonesia dari Sisi Aset, Siapa Juaranya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com