Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Mengenal Perusahaan Outsourcing, Penyedia Jasa yang Kerap Dibutuhkan Perusahaan Multinasional

Kompas.com - 13/08/2022, 18:51 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Meskipun kerap dipandang negatif, perusahaan penyedia tenaga kerja alih daya atau outsourcing tetap dibutuhkan kebaradaannya. Adapun salah satu sektor yang kerap memakai jasanya adalah perusahaan multinasional.

Pada dasarnya, jasa yang diberikan perusahaan outsourcing memang punya manfaat. Bagi perusahaan pengguna jasa, bermitra dengan perusahaan outsourcing menjadi strategi untuk efisiensi biaya.

“Merekrut pekerja outsourcing bisa menjadi salah satu strategi perusahaan untuk mengurangi biaya operasional yang harus mereka keluarkan,” ujar salah satu pimpinan perusahaan outsourcing, PT Myrobin Indonesia Teknologi, Ardy Satria, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/8/2022).

Ia pun menjelaskan lebih jauh mengenai outsourcing. Dahulu, tenaga outsourcing diartikan sebagai pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis utama perusahaan.

Karena itulah, pekerjaan itu dialihkan pada pihak atau perusahaan lainnya. Namun, seiring perkembangan waktu, banyak perusahaan yang lebih menyukai menggunakan tenaga kerja dari perusahaan outsourcing untuk bidang-bidang dan keahlian tertentu.

Sebagai informasi, tenaga kerja outsourcing merupakan tenaga kerja yang berada di bawah perusahaan berbeda dengan perusahaan tempatnya bekerja.

Atas dasar hal tersebut, status dari tenaga kerja outsourcing berada di bawah perusahaan yang mempekerjakannya, bukan perusahaan tempat ia bertugas.

Meski demikian, tak berarti tenaga outsourcing dinomorduakan. Hubungan pekerjaan pada tenaga outsourcing tetap terikat perjanjian tertulis atas perjanjian kerja seperti perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) atau pekerjaan waktu tidak tertentu (PKWTT).

Di dalamnya, sudah meliputi hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Adapun MyRobin, perusahaan Ardy bernaung, merupakan perusahaan penyalur tenaga kerja on-demand 24 jam. Perusahaan ini menyediakan tenaga kerja fleksibel, berpengalaman, dan tepercaya.

Ardy menyebut bahwa pihaknya tak memungkiri bahwa kini banyak perusahaan besar dan multinasional yang menggunakan tenaga kerja outsourcing.

Bagi perusahaan pengguna jasa, memakai jasa outsourcing dapat membuat perusahaan fokus pada karyawan inti. Terlebih, tenaga outsourcing sudah dikelola oleh vendor. Hal ini membuat perusahaan bisa meminimalisasi risiko biaya karyawan.

Dikutip dari situs myrobin.id, ada dua keuntungan menggunakan jasa outsourcing bagi perusahaan ataupun karyawan.

Pertama, bagi perusahaan. Pihak perusahaan pengguna jasa outsourcing tak perlu lagi khawatir mengenai keahlian tenaga kerja yang diberikan pemberi jasa. Sebab, pemberi jasa sudah menyeleksi tenaga kerjanya menyesuaikan kebutuhan perusahaan pengguna jasa.

Artinya, keahlian tenaga kerja sudah terjamin.Bahkan, tak jarang karyawan yan ditugaskan sudah mendapatkan keahlian atau training tambahan.

Kedua, bagi karyawan. Perlu diketahui, perusahaan outsourcing merupakan salah satu wadah yang cocok bagi karyawan pemula atau freshgraduate.

Dengan networking yang luas, perusahaan outsourcing bisa menjadi langkah tepat para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan cepat. Terlebih, tenaga kerja juga akan diberi pelatihan tambahan sebelum menjalani kariernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com