Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Uang Palsu, Simak Cara Cek Keaslian Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Kompas.com - 19/08/2022, 08:14 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah tahun emisi 2022, yaitu Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Lalu apakah cara melihat keaslian uang baru tersebut masih sama seperti uang tahun emisi sebelumnya?Sebab, dalam desain uang baru ini BI telah meningkatkan aspek keamanan uang rupiah untuk mencegah pemalsuan.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, uang baru ini telah dilengkapi dengan pengamanan berteknologi terbaru. Hal ini untuk mencegah pemalsuan uang, terutama untuk uang pecahan besar.

"Terhadap semua pecahan kita perkuat desainnya. Terhadap pecahan besar kita tingkatkan securitynya karena tingkat pemalsuan cenderung pada tingkat pecahan besar Rp 50.000 dan Rp 100.000," ujarnya saat Taklimat Media, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: [POPULER MONEY] BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Baru | Reaksi Jokowi Atas Mahalnya Harga Tiket Pesawat

Ada benang pengaman teknologi "microlenses" terkini

Upaya BI untuk memperkuat aspek kemanan di uang baru ini melalui benang pengaman lantaran benang pengaman yang digunakan pada uang emisi sebelumnya sudah berusia 20 tahun sehingga banyak oknum yang berupaya memalsukan.

Berbeda dengan uang emisi sebelumnya, uang tahun emisi 2022 ini benang pengamannya terdapat corak batik kawung di mana corak batik ini dapat bergerak dan berubah warna.

Benang pengaman ini dibuat menggunakan teknologi microlenses sehingga memiliki efek bergerak yang menyolok dan tampak jelas di cahaya redup.

"Benang pengaman teknologi terkini. benang pengaman yang sebelumnya berusia 20 tahun. Olek karenanya ini momen yang tepat untuk kita mengganti benang pengaman di pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000," ucapnya.

Baca juga: Uang Rupiah 2016 Diperkirakan Bakal Hilang dalam 4 Tahun ke Depan

Ciri-ciri uang rupiah asli

Tak hanya itu, BI juga telah membuat keamanan lain pada uang tahun emisi 2022 agar masyarakat lebih mudah untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang.

Seperti diketahui, cara melihat keaslian uang rupiah kertas ialah dengan dilihat, diraba, dan diterawang. Setiap langkah tersebut, uang akan menampilkan beberapa ciri berbeda.

Baca juga: BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Baru Hari Ini, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com