BI Diprediksi Bakal Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 20/09/2022, 11:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para ekonom memprediksi Bank Indonesia (BI) akan menaikkan suku bunga acuan atau BI rate pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI yang dilaksanakan pada 21-22 September 2022.

Sebagai informasi, pada RDG BI Agustus kemarin, BI telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps menjadi 3,75 persen.

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan BI akan kembali menaikkan BI rate sebanyak 25 basis poin (bps) setara dengan 0,25 persen menjadi 4 persen.

"Naik 25 bps. BI akan berupaya menjangkar inflasi dengan pelan-pelan menaikkan BI rate," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Minat Ajukan KPR? Simak Dulu Daftar Suku Bunga Dasar Kredit Perbankan

Prediksi tersebut lantaran, BI harus mengantisipasi peningkatan inflasi yang saat ini mengarah ke 7 persen di akhir 2022 pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Meskipun Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2022 terjadi deflasi pada Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,21 persen secara month to month (mtm). Tetapi berdasarkan data BI, masih terjadi inflasi IHK di periode tersebut sebesar 4,69 persen secara year on year (yoy).

"Dampaknya (jika BI menaikkan kembali BI rate, maka) inflasi diharapkan bisa kembali di bawah 4 persen Kuartal III 2022," kata dia.

David memperkirakan BI akan menaikkan BI rate sebanyak 4 kali di mana masing-masing besarannya 25 bps hingga akhir tahun. Dengan demikian, total kenaikan BI rate sampai akhir 2022 sebanyak 100 bps atau 1 persen.

"(BI rate akan naik) 4 kali lagi sampai akhir tahun," ungkapnya.

Senada dengan perkiraan David, Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memperkirakan BI akan kembali menaikkan BI rate sebanyak 25 bps.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.