KILAS

21 Poktan di Rote Ndao Terima Alsintan, Kementan Harap Bisa Genjot Produksi

Kompas.com - 22/09/2022, 14:45 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada 21 kelompok tani (poktan) di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kementan pun mengajak para petani di Rote Ndao memaksimalkan penggunaan alsintan. Pasalnya, alsintan dapat membantu petani untuk menggenjot produksi pertanian.

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan, sudah saatnya pertanian konvensional ditinggalkan.

“Kita harus mengikuti zaman. Untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri dan modern, petani pun harus membuka diri terhadap kemajuan teknologi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

“Kita tidak bisa mengandalkan cara bertani konvensional. Jika tidak, kita bisa tertinggal,” katanya.

Baca juga: Optimalkan Produktivitas Pertanian, Pemprov Bangka Belitung Manfaatkan Alsintan

Ali menambahkan, penggunaan alsintan akan sangat bermanfaat bagi para petani.

“Sebab alsintan akan membuat losses ditekan sehingga produksi lebih meningkat. Indeks pertanaman juga bisa digenjot. Karena, aktivitas tanam dan panen akan sangat singkat dengan alsintan,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan sebelumnya mengatakan, penggunaan alat-alat modern tidak bisa dihindari.

“Sekarang sudah era 4.0, era dimana teknologi dimanfaatkan di berbagai sektor. Pertanian juga demikian. Oleh sebab itu, petani harus adaptif terhadap penggunaan teknologi jika ingin pertanian berkembang,” tuturnya.

Adapun bantuan alsintan yang diterima adalah alsintan prapanen, yakni 1 unit medium traktor (roda empat), 5 unit hand tractor (roda dua), 5 unit mesin pompa air 4 inchi, dan 10 unit hand sprayer. Sementara itu, alat perikanan yang diterima, yakni 1 unit peralatan pengolahan ikan.

Baca juga: Dukung Modernisasi Pertanian di Aceh Besar, Kementan Hibahkan Alsintan untuk 7 Poktan

Selain memberikan bantuan alsinen, Kementan juga memberikan bantuan alat dan mesin perikanan kepada 1 kelompok nelayan (pokyan).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu kepada para ketua poktan dan pokyan penerima di gudang Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao di Desa Persiapan Lelain, Kecamatan Lobalain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.