KILAS

Kementan Optimistis Perbankan Bisa Bantu Percepat Modernisasi Pertanian

Kompas.com - 22/09/2022, 14:55 WIB

KOMPAS.comKementerian Pertanian (Kementan) optimistis bahwa bantuan perbankan bisa mendukung dan mempercepat proses modernisasi pertanian di Tanah Air.

Terlebih, saat ini perbankan telah mendukung program Taksi Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, dukungan yang diberikan perbankan merupakan hal yang positif.

"Petani kini tidak perlu khawatir untuk mendapatkan alsintan. Dukungan dari perbankan ini akan sangat membantu. Kami berharap petani dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata SYL, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan Ali Jamil mengungkapkan, petani harus bisa memanfaatkan bantuan alsintan tersebut.

Baca juga: 21 Poktan di Rote Ndao Terima Alsintan, Kementan Harap Bisa Genjot Produksi

"Untuk petani, khususnya yang tergabung dalam kelompok tani (poktan), dukungan perbankan ini bisa dimaksimalkan untuk menggenjot produksi. Apalagi, proses yang dilakukan melalui poktan jauh lebih mudah," tuturnya.

Namun, Ali mengingatkan petani dan poktan untuk menjaga alsintan yang diberikan.

"Alsintan ini bukan barang murah. Oleh karena itu harus dijaga agar bisa tahan lama dan bermanfaat," pesannya.

Salah satu perbankan yang mendukung program Taksi Alsintan berada di Sumatera Selatan (Sumsel). Pihak bank mengaku siap membantu penyaluran KUR untuk mempercepat mekanisasi dan modernisasi pertanian.

Direktur Pemasaran Bank Sumsel, Babel Antonius Prabowo Argo menyampaikan, jumlah petani yang mengajukan KUR alsintan mencapai 15 debitur.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi mengenai kemudahan dari fasilitas ini. Harapannya, ke depan jumlahnya dapat terus meningkat," katanya.

Baca juga: Optimalkan Produktivitas Pertanian, Pemprov Bangka Belitung Manfaatkan Alsintan

Sebagai informasi, Taksi Alsintan merupakan program yang dirilis Kementan untuk penyediaan alat dan mesin pertanian secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitas KUR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.