MRT Jakarta Masih Selidiki Penyebab Gangguan Operasional yang Sempat Terjadi

Kompas.com - 22/09/2022, 21:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) memberikan penjelasan terkait gangguan operasional yang dialami salah satu armadanya pada Rabu (21/9/2022) pukul 20.41 WIB.

Kejadian ini sempat direkam oleh salah seorang warganet dengan akun Instagram @diargrams_16 yang videonya diunggah oleh akun Instagram @jktinfo pada Rabu malam.

Pada video tersebut terlihat kondisi di dalam gerbong MRT Jakarta gelap gulita lantaran lampu mati dan rangkaian MRT tersebut tiba-tiba terhenti.

“Sumpah gak kelihatan lagi,” ujar salah seorang penumpang.

Keadaan di dalam gerbong baru dapat terlihat ketika para penumpang berusaha menyalakan senter di smartphone masing-masing.

“Rabu (21/9) MRT Jakarta mengalami gangguan operasional beberapa saat lalu. Dalam video terlihat MRT berhenti disertai lampu padam. Saat ini MRT Jakarta telah kembali beroperasi normal,” tulis akun Instagram @jktinfo, dikutip Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Berawal dari Fans, Begini Cerita Erick Thohir Saat Ditawari Jadi Bos Inter Milan

Penjelasan MRT Jakarta

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Rendi Alhial mengatakan, hingga kini pihaknya masih belum mendapati sumber masalah yang menyebabkan gangguan pada rangkaian ratangga 9 ID.1807 tersebut.

“Tim terkait di PT MRT Jakarta (Perseroda) sedang menyelidiki penyebab gangguan tersebut sehingga dapat melakukan tindakan dan mitigasi agar mencegah kejadian serupa terjadi kembali,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

Rendi menjelaskan, kejadian ini menyebabkan jadwal perjalanan ratangga ID.2007 yang berada di belakang ratangga 9 ID.1807 menjadi ikut terganggu.

“PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat pengguna layanan MRT Jakarta atas ketidaknyamanan yang diakibatkan dari adanya gangguan yang terjadi kemarin,” ucapnya.

Rendi pun menjelaskan kronologi kejadian, pada pukul 20.41 WIB, ratangga 9 ID.1807 yang sedang dalam perjalanan menuju Stasiun Istora Mandiri tiba-tiba berhenti saat berada di jalur bawah tanah antara Stasiun Bendungan Hilir dan Stasiun Istora Mandiri.

Setelah itu, tim MRT Jakarta langsung melakukan upaya penanganan secara cepat atas gangguan yang terjadi sehingga gangguan ditangani selama 8 menit.

Pada pukul 20.49 WIB, ratangga 9 ID.1807 kembali beroperasi normal dan layanan MRT Jakarta seluruhnya kembali normal.

Baca juga: Pembangunan Proyek MRT 2A Segmen Harmoni-Mangga Besar Resmi Dimulai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.