Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Simak, 20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Versi GrabJobs

Kompas.com - 04/10/2022, 12:21 WIB
Alek Kurniawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gaji menjadi salah satu faktor terpenting dalam mencari pekerjaan. Seorang calon karyawan biasanya akan mempertimbangkan besaran gaji yang diterima dengan tugas yang diemban sebelum menerima pekerjaan.

Hal tersebut wajar karena besaran gaji akan menggambarkan seberapa besar tanggung jawab seseorang dalam pekerjaan tersebut. Perlu digarisbawahi juga bahwa keterampilan atau skill yang dikuasai turut memengaruhi besaran gaji seseorang.

Pertanyaannya, pekerjaan apa saja yang memberikan gaji tinggi di Indonesia? Lalu, keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai level tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, platform penyedia layanan end-to-end automasi rekrutmen, GrabJobs, telah merilis laporan terbaru tentang “20 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Tahun 2022”.

Baca juga: Percepat Pemulihan Ekonomi Indonesia, Startup GrabJobs Bantu Hubungkan Perusahaan dan Pencari Kerja

Data pada laporan tersebut dikumpulkan GrabJobs berdasarkan insight dari 3.000 rekan perusahaan yang memublikasikan lowongan pekerjaan pada platform GrabJobs selama periode Januari hingga September 2022.

CEO and Co-Founder GrabJobs Emmanuel Crouy menyebutkan, laporan tersebut bisa menjadi standar acuan perusahaan di berbagai sektor industri dalam memberikan gaji kepada karyawannya.

“Selain itu, laporan itu juga bisa menjadi informasi penting kepada para pencari kerja untuk mengetahui rentang gaji tertinggi di Indonesia,” kata Emmanuel.

Berdasarkan data yang dihimpun GrabJobs, berikut daftar pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia pada 2022.

1. HR manager

Pekerjaan bagian personalia tak hanya memiliki fungsi untuk mengelola kebutuhan rekrutmen, tetapi juga meliputi tugas serta fungsi penting lainnya.

Beberapa tugas yang diemban human resource (HR) di antaranya mengelola efektivitas hubungan antarkaryawan, mengelola kompensasi dan benefit karyawan, mengadakan pelatihan, serta mengerjakan tugas administrasi.

Pekerjaan HR termasuk sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi, terutama manajer HR. Kisaran gajinya bisa mencapai Rp 10 juta sampai Rp 20 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 6 tahun.

2. Content manager

Penulis konten, seperti content writer atau copywriter merupakan pekerjaan yang dibutuhkan pada hampir semua sektor industri.

Lingkup pekerjaan yang dijalani beragam, mulai dari mengidentifikasi keperluan konten perusahaan, melakukan riset keyword, mencari ide tulisan menarik, dan mempublikasikan hasil tulisan.

Seorang content writer, copywriter, atau penulis lainnya juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji besar dengan menjadi manajer konten. Kisaran gaji seorang manajer konten berada pada rentang Rp 15 juta sampai Rp 25 juta per bulan dengan 5 tahun pengalaman di bidangnya.

Ilustrasi content creator dan content writer. DOK. Freepik.com Ilustrasi content creator dan content writer.

3. Head of tax

Kepala pajak atau head of tax menjadi satu dari banyak jenis pekerjaan yang punya fungsi vital, terutama terkait perpajakan.

Seseorang yang berkarier di bidang pajak memiliki tugas untuk melakukan segala pencatatan, pembayaran, pelaporan, dan pengawasan proses administrasi yang berkaitan dengan pajak suatu perusahaan.

Kisaran gaji seorang head of tax berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 25 juta per bulan dengan pengalaman kerja lebih dari 9 tahun.

4. Call center manager

Siapa bilang menjadi staf call center tidak bisa memiliki gaji besar dan kesempatan untuk naik jabatan? Pada dasarnya, kesempatan ini selalu terbuka di semua sektor pekerjaan, salah satunya bagian call center.

Jika staf call center memiliki kinerja yang baik, tak menutup kemungkinan bisa diangkat menjadi call center manager. Kisaran gaji call center manager pun besar, yakni di antara Rp 20 juta sampai Rp 35 juta per bulan dengan 5 tahun pengalaman.

5. Marketing manager

Bagian marketing atau pemasaran menjadi pekerjaan yang dibutuhkan pada hampir semua industri. Adapun tugas marketer di antaranya adalah mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan konsumen, melakukan pengembangan produk, dan mengenal kelebihan dan kekurangan sebuah produk.

Gaji seorang marketing manager berkisar di antara Rp 17 juta sampai Rp 25 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 7 tahun.

6. Sales manager

Tanpa penjualan produk dan jasa, sebuah perusahaan tidak akan bisa bertahan. Oleh karena itu, bagian penjualan atau sales menjadi salah satu divisi terpenting pada perusahaan.

Sales manager pun memiliki peran vital untuk mengawasi tim penjualan, membuat anggaran, melakukan monitoring pelanggan, menciptakan keuntungan pada perusahaan, menentukan jadwal waktu promosi, dan menyelenggarakan pelatihan untuk tim.

Oleh sebab itu, sales manager menjadi salah satu pekerjaan yang gajinya besar di Indonesia. Kisarannya berada pada rentang Rp 25 juta sampai Rp 35 juta per bulan dengan pengalaman lebih dari 5 tahun.

Ilustrasi pilot dan co-pilotShutterstock/TunedIn by Westend61 Ilustrasi pilot dan co-pilot

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com