BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Angkat Tema FuturEase, Co.Creation Week 2022 Jenius Suguhkan Financial Workshop hingga Lomba Ideathon

Kompas.com - 27/10/2022, 14:40 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comJenius kembali menggelar Co.Creation Week secara hibrida di Plaza Indonesia, Jakarta, mulai Jumat (28/10/2022) hingga Rabu (2/11/2022).

Sama seperti edisi sebelumnya, acara tahunan yang digelar oleh aplikasi perbankan digital milik Bank BTPN tersebut menghadirkan sejumlah kegiatan berupa konferensi, talk show, lokakarya kreatif, dan lomba.

Pada gelaran kali ini, Co.Creation Week 2022 mengangkat tema “FuturEase: Melangkah Mudah Menuju Masa Depan”. Berdasarkan keterangan yang didapat Kompas.com, tema itu sengaja dipilih untuk mengajak masyarakat mempersiapkan diri dalam menempuh masa depan.

Dikutip dari laman resmi Co.Creation Week 2022, melalui acara tahunan ini, Jenius mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk membangun masa depan yang lebih mudah dengan menjadi terhubung dengan sesama manusia, teknologi, dan lingkungan. Hal ini juga diharapkan merasuk dalam proses kreatif dan komunikasi serta hubungan masyarakat dengan lingkungan, antarpersonal, dan finansial.

Berangkat dari tema itu, Co.Creation Week 2022 mengangkat tiga topik utama yang dibahas dalam acara, yakni Connect to Nature, Connect to Human, dan Connect to Technology. Ketiga topik ini dikupas dalam tiga rangkaian acara menarik berikut.

Jenius menggelar Co.Creation Week 2022 bertema ?FuturEase: Melangkah Mudah Menuju Masa Depan? di Plaza Indonesia, Jakarta, mulai Jumat (28/10/2022) hingga Rabu (2/11/2022).Dok. Jenius Jenius menggelar Co.Creation Week 2022 bertema ?FuturEase: Melangkah Mudah Menuju Masa Depan? di Plaza Indonesia, Jakarta, mulai Jumat (28/10/2022) hingga Rabu (2/11/2022).

1. Jenius Conference

Pada acara Jenius Conference, Jenius mengadakan tiga konferensi yang terkait dengan tiga topik utama. Adapun sesi pertama bertajuk “Preparation to Survive Future Crisis”. Lewat sesi ini, peserta akan diajak berdiskusi tentang potensi resesi yang dikabarkan bakal terjadi pada 2023.

Kemudian, konferensi sesi kedua akan membicarakan persoalan ekonomi wisata lokal dan lingkungan dengan tajuk “Balancing Environmental Preservation and Local Economy”. Diskusi ini akan dipandu oleh presenter televisi (TV) Shafira Umm.

Pembicara yang dihadirkan pada sesi kedua adalah Executive Director Indonesia Plastic Bag Diet Movement Tiza Mafira dan Founder and Creative Director Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto.

Selanjutnya, pada sesi ketiga, Jenius menghadirkan konferensi “Leveraging Social Media Algorithm”. Konferensi ini mengangkat topik seputar algoritma media sosial dan cara mengoptimalkannya. Sesi ini diisi oleh content creator Aulion dan Co-Chief Executive Officer (CEO) Famous Allstars Arief Rakhmadani sebagai narasumber serta dipandu oleh presenter ternama Reza Chandika.

2. Jenius Talks

Selain konferensi, Jenius juga menghadirkan sejumlah seminar dan webinar menarik lewat acara Jenius Talks. Acara ini dapat dinikmati secara luring dan daring sehingga masyarakat yang berada di luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tetap dapat mengikutinya.

Seminar pertama yang bertajuk “How Do I Cash the Trash” menyuguhkan informasi tentang mengubah sampah lingkungan menjadi bisnis yang menguntungkan. Seminar ini diisi oleh Founder and CEO Evoware David Christian serta dipandu Puteri Indonesia Lingkungan 2018 Vania F Herlambang.

Sesi kedua seminar yang bertajuk “Online Dating 1o1: Doxxing, Scamming, and How to Avoid Them” akan membahas kasus kriminal dalam dunia internet dan digital.

Narasumber yang dihadirkan pada sesi kedua adalah Announcer and Creative Director Sarra Tobing dan Dating Coach and Founder Kelascinta.com Kel Savourie. Seminar akan dipandu oleh penyanyi dan model kondang Sailormoney.

Kemudian, seminar sesi ketiga akan membawakan topik “Practicing Self-love: Being Kinder to Myself”. Acara ini akan dipandu oleh aktivis kesehatan mental dan pesiniar Ade Binarko. Narasumber seminar yang dihadirkan adalah influencer Mima Shafa serta hipnoterapis dan human design reader Nabila Gasani.

Selanjutnya, seminar terakhir akan membahas “Money or Enjoyment: Do We Have to Choose?”
dengan dipandu oleh presenter Tommy Prabowo. Narasumber yang akan mengisi seminar ini
adalah Head of Digital Banking PT Bank BTPN Tbk Irwan Tisnabudi, CEO Female Daily
Network Hanifa Ambadar, dan Head of Strategy and Business Planning Visa Indonesia
Handikin Setiawan.

Untuk webinar, Jenius menyelenggarakan dua sesi. Sesi pertama webinar bertajuk “Business Innovation within the Digital Presence” akan dipandu oleh pembawa berita SEA Today Karina Soerjanatamihardja.

Narasumber yang akan mengisi webinar pertama adalah Managing Director Klamby Muhamad Ridho dan Founder and CEO AVO Innovation Technology Anugrah Pakerti.

Sesi kedua webinar mengangkat topik “E-sport Level Up: From Hobby to Income Stream”. Acara ini akan dipandu oleh caster dan streamer ternama Monica Mariska yang akrab disapa Momo Chan.

Narasumber yang mengisi webinar sesi kedua adalah Co-founder and Chief Growth Officer RevivaLTV Irliansyah Wijanarko dan atlet e-sport Lius Andre.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jenius Connect (@jeniusconnect)

3. Jenius Financial Workshop

Pada Co.Creation Week 2022, Jenius menyediakan ruang bagi masyarakat untuk berkonsultasi tentang keuangan. Konsultasi ini diadakan lewat lokakarya Jenius Financial Workshop.

Sebagai informasi, lokakarya itu hanya bisa diikuti oleh 15 orang secara luring dan 25 orang secara virtual. Daftar peserta terpilih sudah dapat dicek melalui situs web berikut.

Adapun seluruh peserta terpilih berkesempatan berdiskusi dengan certified financial planner One Shildt secara one-on-one. Peserta bisa mendiskusikan banyak hal, seperti solusi masalah keuangan yang sedang dihadapi dan financial check-up.

Selain ketiga rangkaian acara tersebut, Jenius juga menghadirkan sejumlah lomba berhadiah menarik bagi para peserta.

Pertama, lomba Jenius Ideathon. Pada lomba ini, peserta bisa memberikan gagasan berupa fitur atau pembaharuan sistem pada aplikasi Jenius yang terkait dengan dua kategori, yakni Connect to Nature dan Connect to Human. Jenius telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 100 juta untuk kategori ini.

Kedua, lomba membuat artikel liputan rangkaian acara Jenius Conference dan Jenius Talks. Peserta bisa memilih salah satu rangkaian acara untuk diliput dan ditulis. Satu pemenang beruntung dari setiap rangkaian acara bisa memenangkan Rp 1 juta.

Itulah keseruan yang dihadirkan Jenius dalam Co.Creation Week 2022. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Co.Creation Week 2022, silakan kunjungi tautan ini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com