Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditargetkan Beroperasi 2023, Infrastruktur Gas Bumi KIT Batang Mulai Dibangun

Kompas.com - 16/11/2022, 14:17 WIB
Aprillia Ika

Editor

BATANG, KOMPAS.com -  Pembangunan infrastrukur gas bumi dari dari PEPC Jambaran Tiung Biru (JTB) menuju Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dimulai pada hari ini, Rabu (16/11/2022). Infrastruktur pipa ini ditargetkan on stream pada 2023. 

Secara teknis, jaringan pipa distribusi ke KIT Batang yang akan dibangun berdiameter 8 inchi sepanjang 7,3 Km, dengan tekanan 17 Barg, dan kapasitas alir pipa sebesar 25 MMSCFD.

KIT Batang sendiri berpotensi menyerap gas bumi maksimal 24,8 MMSCFD yang terdiri dari 14 tenant.

Baca juga: 3 Proyek Digenjot di KIT Batang, Ini Daftarnya

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, pembangunan jalur pipa ke KIT Batang merupakan momentum yang sangat berarti bagi PGN dan stakeholders. 

"Hal ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah pusat, daerah, BUMN dan swasta serta sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam bergandengan tangan, bergotong royong dalam memulai proses penyaluran energi bersih ramah lingkungan dan ketersediaan energi yang berkelanjutan bagi Kawasan Industri Terpadu Batang," ujar Achmad melalui keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Bahlil Sebut Foxconn Susul LG Bangun Pabrik di KIT Batang, Tesla Bagaimana?

Konsep KIT Batang nanti terintegrasi dengan perumahan, layanan kesehatan, serta rantai suplai antarpabrik. Dengan demikian, PGN berpeluang mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk bisa melayani perumahan, usaha menangah, dan retail.

"Jika Jawa Tengah nanti telah dilalui oleh konektivitas Pipa Cisem dan Gresem, maka akan lebih sustain untuk menjangkau berbagai titik wilayah dan muaranya akan memberi dampak positif terhadap daya saing industri, serta pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah,” tutup Achmad.

Kepala Dinas ESDM Pemprov Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan KIT Batang akan mendapatkan jatah gas bumi dari JTB.

Pemprov Jateng mengapresiasi integrasi pipa transmisi Gresik-Semarang dan Cirebon-Semarang sebagai terobosan yang luar biasa untuk Jateng dan KIT Batang.

"Kebutuhan energi ramah lingkungan merupakan permintaan investor dan Jateng diharapkan dapat menjadi Hub Gas untuk menopang tumbuhnya pertumbuhan ekonomi berbasis industri," ujar Sujarwanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com