Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Rakornas Investasi: Tetap Pertahankan Hilirisasi

Kompas.com - 30/11/2022, 22:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyatakan, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi yang melibatkan pemerintah daerah serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang dilakukan sejak Selasa (29/11/2022) kemarin, menghasilkan beberapa rekomendasi.

Salah satunya terkait arah kebijakan pemerintah pusat mengenai hilirisasi yang dianggap sudah tepat dan harus dipertahankan, meskipun adanya pihak-pihak yang ingin melakukan intervensi.

"Arah kebijakan pemerintah pusat terkait hilirisasi menjadi langkah yang tepat. Jadi DPMTSP seluruh Indonesia Bapak Presiden, mengharapkan kebijakan ini sekalipun ditekan sana sini akan tetap mempertahankan hilirisasi. Siapapun yang melakukan intervensi kita harus tetap jalan terus. Termasuk dengan WTO Bapak Presiden," kata dia dalam laporannya kepada Presiden Joko Widodo yang hadir di Rakornas tersebut, Rabu (30/11/2022).

Sebagai informasi, Indonesia kalah dalam gugatan terkait kebijakan larangan ekspor bijih nikel yang diajukan Uni Eropa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Baca juga: RI Kalah Gugatan Nikel di WTO, Jokowi: Kita Ajukan Banding

Lebih lanjut kata Bahlil, melalui kolaborasi dengan DPMPTSP seluruh Indonesia, Kementerian Investasi/BKPM bersama dengan pemerintah daerah sepakat bahwa target realisasi investasi pada 2023 sebesar Rp 1.400 triliun juga dapat tercapai. Namun dengan syarat adanya stabilitas global serta stabilitas politik Indonesia yang baik.

"Secercah harapan ekonomi Indonesia itu akan baik kalau stabilitas global baik dan stabilitas dalam negeri baik. Tapi kalau stabilitas kita kurang bagus maka mohon maaf, target ini penting untuk kita diskusikan kembali," ucap dia.

Selain itu, dirinya menyampaikan bahwa tema Rakornas Investasi 2022 ini diangkat sejalan dengan visi besar Presiden Joko Widodo terkait transformasi ekonomi melalui hilirisasi.

Menurut dia, hilirisasi dilakukan tidak hanya untuk menguntungkan pengusaha-pengusaha atau investor besar saja, tetapi juga kolaborasi dengan pengusaha daerah dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah agar dapat tumbuh bersama.

Bahlil pun optimistis target realisasi investasi tahun ini sebesar Rp 1.200 triliun akan tercapai. Sampai dengan kuartal III/2022, realisasi investasi telah mencapai sebesar Rp 894 triliun atau 74,4 persen dari target yang diberikan.

"Kami debat, kami minta masukan agar apa yang menjadi pikiran pusat itu betul-betul mencerminkan apa yang menjadi aspirasi dari daerah. Karena kami yakin Bapak Presiden, kita di pusat ini kadang-kadang merasa paling tahu sendiri. Tapi sesungguhnya di daerah lah yang paling tahu. Karena mereka yang di lapangan," pungkasnya.

Kegiatan Rakornas Investasi 2022 ini dihadiri lebih dari 1.500 peserta baik secara fisik maupun daring yang terdiri dari para gubernur, bupati, wali kota, Kepala DPMPTSP provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia, Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), serta perwakilan dari Kementerian/Lembaga.

Baca juga: Tiru OPEC, Menteri Bahlil Usul Bentuk Organisasi Negara Produsen Nikel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+