Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Pergerakan Saham Garuda Indonesia Setelah Satu Tahun Lebih "Digembok"

Kompas.com - 03/01/2023, 18:20 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suspensi perdagangan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) akhirnya dibuka setelah penantian lama. Saham maskapai pelat merah itu akhirnya kembali diperdagangkan pada Selasa (3/1/2023) hari ini.

Melansir data RTI, saham Garuda Indonesia langsung "terbang" pada awal perdagangan. Setelah dibuka stagnan pada level Rp 204, saham Garuda Indonesia naik Rp 20 ke level Rp 224.

Namun, penguatan tersebut mulai tergerus memasuki pukul 10.15 WIB. Adapun pada sesi pertama perdagangan, GIAA menguat 4,90 persen ke Rp 214.

Baca juga: BEI Resmi Cabut Suspensi Saham Garuda Indonesia

Pada awal sesi II perdagangan, GIAA bergerak fluktuatif cenderung menguat. Akan tetapi, pola pergerakan itu tidak berselang lama, hingga akhirnya penguatan GIAA terus tergerus.

Saham maskapai BUMN itu memasuki zona negatif jelang penutupan perdagangan. GIAA mengakhiri perdagangan perdananya sejak disuspensi selama satu tahun lebih dengan pelemahan 0,98 persen ke posisi Rp 202 per saham.

Baca juga: Erick Thohir: Restrukturisasi Garuda Indonesia Terbesar dalam Sejarah Korporasi Indonesia

Asal tahu saja, saham Garuda Indonesia "digembok" oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 18 Juni 2021. Ini disebabkan oleh kegagalan Garuda Indonesia membayarkan kupon sukuk global.

GIAA kemudian melalui proses panjang untuk menyelesaikan persyaratan pembukaan suspensi. Gembok saham akhirnya dibuka setelah Garuda Indonesia menerbitkan suku baru pada 28 dan 29 Desember lalu.

Baca juga: Garuda Indonesia Rampungkan Proses Restrukturisasi Utang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com