Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN dan TNB Malaysia Sepakati Kerja Sama untuk Dorong Transisi Energi Bersih

Kompas.com - 10/01/2023, 21:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menerima kunjungan langsung CEO perusahaan listrik Malaysia, Tenaga Nasional Berhad (TNB), Dato’ Indera Ir Baharin bin Din untuk menyepakati komitmen penguatan kerja sama dalam pengembangan ketenagalistrikan.

Pertemuan tersebut juga mebahas kolaborasi dalam upaya mewujudkan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE).

Darmawan Prasodjo mengatakan, kedua pimpinan perusahaan listrik negara juga sepakat untuk memperkuat kerja sama sektor kelistrikan yang sudah ada.

Baca juga: PLN Rampungkan 27 Proyek Strategis Nasional di Jawa Bagian Barat

“Kami sepakat bagaimana PLN dan TNB terus memperkuat kerja sama yang sudah ada. Kami membahas tidak hanya di level strategi tetapi sampai pada tataran operasional," kata Darmawan dalam siaran pers, Selasa (10/1/2023).

Darmawan juga menjelaskan, kinerja dan capaian PLN selama ini cukup baik. Pihaknya juga terbuka untuk kerja sama dengan semua pihak. Karena itu, kunjungan yang dilakukan ini merupakan langkah awal dari hubungan produktif jangka panjang antara PLN dan TNB.

Keduanya juga membahas dukungan untuk transisi energi dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Hal ini sesuai komitmen Indonesia dan Malaysia dalam mencapai nol emisi karbon atau net zero emissions.

Baca juga: Soal Kabel Semrawut di Ciputat, Bina Marga: Bukan Punya PLN, tapi PJU Dishub


“Kami juga menjajaki berbagai cara termasuk bagaimana kita dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan dan energi baru yang lebih bersih untuk mempercepat transisi energi dan Net Zero Emission agar Malaysia dan Indonesia memiliki kerja sama yang lebih kuat,” kata Darmawan.

Dato’ Indera berharap, pertemuan yang membahas penjajakan kelanjutan kerja sama antara TNB dan PLN dalam mengembangkan infrastruktur listrik yang andal untuk kedua perusahaan, dapat ditindaklanjuti dengan penguatan kerja sama kedua belah pihak.

“Dengan komitmen kedua negara yang kuat terhadap transisi energi, pengembangan energi terbarukan, dan pengembangan listrik berbasis baterai. Baik TNB dan PLN memiliki kesamaan pandangan dan visi yang akan memperkuat kolaborasi," kata Dato’ Indera.

Baca juga: PLN: Sudah 83.280 Desa di Indonesia Nikmati Listrik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com