Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka 91 Program Studi dalam Seleksi Mahasiswa Baru 2023, Cek Di Sini

Kompas.com - 16/02/2023, 15:23 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sudah dibuka, dan akan berlangsung hingga 28 Februari mendatang.

Seleksi masuk ini menggunakan nilai akademik siswa atau bisa ditambah dengan nilai prestasi lain yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Bagi peserta SNBP yang berminat mendaftar di Universitas Gadjah Mada (UGM), terdapat 91 program studi (prodi) yang dibuka, terdiri dari 70 prodi Sarjana (S1) dan 21 prodi Sarjana Terapan (D4).

“Pada PMB (penerimaan mahasiswa baru) 2023 ini UGM membuka 91 prodi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa,” ujar Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 ITS Surabaya

Dituliskan bahwa minat pelajar untuk mendaftar kuliah di UGM terus meningkat setiap tahunnya. Persaingan memperebutkan kursi di setiap prodi pun relatif ketat.

Perlu diketahui, selain melalui jalur SNBP, penerimaan mahasiswa baru 2023 di UGM juga dilakukan melalui Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan seleksi mandiri.

Terkait daya tampung dan daftar program studi yang dibuka dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di UGM tahun 2023 bisa dilihat di sini.

Lebih lanjut, informasi mengenai status akreditasi setiap program studi di UGM bisa disimak di sini.

Sementara itu, informasi terkait selektivitas atau persaingan prodi di UGM melalui seluruh jalur penerimaan mahasiswa baru dapat diakses di sini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Jalur Masuk PTN SNBP, Kuota, dan Ketentuan Memilih Prodi

Baca juga: Mengenal SNBT 2023, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi dengan Tes Tulis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com