Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Bakal Buka Kuota Tambahan Mudik Gratis 2023 dengan Bus

Kompas.com - 24/03/2023, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) akan membuka kuota tambahan untuk mudik gratis 2023 dengan bus.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub Suharto mengatakan, kuota tambahan ini berasal dari kuota mudik yang tidak diverifikasi ulang oleh peserta mudik gratis yang sudah mendaftar.

Pada mudik gratis 2023, Ditjen Hubdat memiliki kuota untuk 24.072 penumpang terdiri dari 18.528 penumpang pada arus mudik dan 5.544 penumpang pada arus balik.

Baca juga: Super Air Jet Nekat Terbang dengan AC Mati, Kemenhub Beri Teguran dan Minta Pesawat Diinspeksi

Kuota penumpang itu langsung habis saat proses pendaftaran, namun tidak semua pendaftar melakukan verifikasi ulang.

Tercatat pada kuota arus balik hanya 16.352 orang yang sudah terverifikasi sedangkan 15 orang belum verifikasi dan 2.176 tidak melakukan verifikasi. Sementara pada kuota arus balik, sebayak 5.339 orang sudah memverifikasi ulang, 15 orang belum verifikasi, dan 190 orang tidak melakukan verifikasi.

Dari kuota yang tidak terverifikasi itu, maka pendaftarannya akan dianggap batal sehingga kuota mudik gratis 2023 akan dibuka untuk pendaftaran selanjutnya.

"Setelah kami melakukan verifikasi masih ada slot (kuota mudik gratis 2023) karena ada yang daftar tapi tidak melaksanakan verifikasi maka saya anggap batal," ujarnya saat media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Baca juga: Dibuka sejak Kemarin, Ini Persyaratan Pendaftaran Mudik Gratis 2023 dengan Kapal Laut


Tidak hanya dari kuota penumpang, kuota tambahan mudik gratis dengan bus ini juga akan diambil dari kuota mudik gratis dengan truk yang masih tersisa banyak lantaran animo masyarakat tidak terlalu besar pada mudik gratis dengan truk ini.

Adapun kuota mudik gratis sepeda motor dengan truk sebanyak 450 unit sepeda motor pada arus mudik dan 450 unit untuk arus balik.

Namun hingga kini hanya 116 unit yang sudah terverifikasi untuk masing-masing kuota arus mudik dan balik. Artinya, ada sisa kuota 334 unit untuk arus mudik dan 334 unit untuk arus balik.

Kuota mudik gratis sepeda motor yang sisa inilah yang akan dialihkan anggarannya untuk menambah kuota mudik gratis dengan bus.

Baca juga: Jalan Tol Masih Jadi Pilihan Favorit Selama Mudik, Ini Saran bagi Pemudik

"Daripada nanti enggak full (kuota truk) kan sayang juga kan. Nah makanya kita mungkin dalam beberapa hari ke depan kita akan adendum terkait dengan truk tadi," ucapnya.

Dengan demikian, anggaran mudik gratis 2023 dengan bus tetap sebesar Rp 20 miliar dan tidak ada tambahan anggaran.

"Kan sudah satu paket ini sudah satu kontrak, tinggal adendum saja. Misal tadi truknya 450 tapi peminatnya sedikit, ya sudah segitu saja. Jadi misal yang peminatnya sudah dapat 200 unit, yaudah 200 saja cukup, tutup lah (kuota) truknya. Kan masih ada sisa anggarannya untuk menambahkan buat yang bus," jelasnya.

Kendati demikian, dia masih belum dapat memastikan berapa banyak jumlah kuota tambahan mudik gratis 2023 yang akan dibuka lantaran masih dalam proses verifikasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com