Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bitcoin dan Dogecoin Menguat, Cek Rincian Harga Kripto Hari Ini

Kompas.com - 29/03/2023, 10:15 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CoinDesk

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto cerah ceria pada pagi ini, Rabu (29/3/2022). Melansir Coinmarketcap, 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling merona adalah Ripple (XRP) yang melonjak 8,7 persen menjadi 0,51 dollar AS per coin. Cardano (ADA) melesat 6,7 persen menjadi 0,3 dollar AS per coin, Solana (SOL) di level 20,8 dollar AS per coin atau naik 5,17 persen, dan Polygon (MATIC) di level 1 dollar AS per coin atau bertambah 4,8 persen.

Ethereum (ETH) menguat 3,9 persen pada level 1.782 dollar AS per coin, dilanjukan dengan Dogecoin (DOGE) di level 7 sen atau naik 1,4 persen, dan Bitcoin (BTC) di posisi 27.403 dollar AS per coin atau naik 1,4 persen. Sementara itu, Binance Exchange (BNB) menguat 1,3 persen pada level 314,2 dollar AS per coin.

Baca juga: Harga Kripto Rontok akibat Kasus Binance, Cek Harganya Hari Ini

Stablecoin atau mata uang kripto golongan mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS, seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC), juga bergerak menguat. USDT dan USDC naik 0,06 persen masing-masing menjadi 1 dollar AS per coin dan 0,9 dollar AS per coin.

Mengutip Coindesk, koreksi terhadap Bitcoin karena investor terus mempertimbangkan dampak potensial dari gugatan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) AS terhadap Binance dan pendirinya, Changpeng Zhao atas dugaan pelanggaran peraturan transaksi kripto.

BTC baru-baru ini diperdagangkan sekitar 27.225 dollar AS per coin, naik sekitar 1 persen selama 24 jam terakhir. Aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar turun hingga 26.669 dollar AS per coin pada hari sebelumnya.

Baca juga: Melihat Efek Kebangkrutan SVB ke Pergerakan Harga Kripto


BTC anjlok dari level tertinggi di atas 28.000 dollar AS per coin setelah gugatan CFTC diajukan pada hari Senin, dan telah turun 3 persen selama seminggu terakhir.

“Bitcoin menunjukkan ketahanan yang luar biasa terhadap apa yang terjadi di sekitarnya, bahkan di industri kripto, sehingga Anda harus bertanya-tanya seberapa berkelanjutan hal itu. Penurunan harga yang dipicu oleh CFTC-Binance juga tidak terasa terlalu signifikan,” kata Craig Erlam, analis pasar senior di pembuat pasar valuta asing Oanda.

Baca juga: Ombudsman: Ekosistem Bursa Kripto Harus Dibangun demi Lindungi Masyarakat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CoinDesk


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com