Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjaring OTT KPK, Ini Rincian Harta Wali Kota Bandung Yana Mulyana Senilai Rp 8,55 Miliar

Kompas.com - 15/04/2023, 11:37 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (14/4/2023).

Diberitakan Kompas.com, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, Yana dan sejumlah pihak yang ditangkap diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Kota Bandung.

“KPK, pada Jumat (14/4/2023) telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: Istri Kepala BPN Jaktim yang Pamer Kekayaan: Di Medsos Nggak Benar

Yana Mulyana merupakan Wali Kota Bandung yang mulai menjabat pada Desember 2021. Yana menggantikan Oded M. Danial yang meninggal dunia pada pengujung 2021.

Lantas, berapa harta kekayaan yang dimiliki Yana Mulyana?

Berdasarkan dokumen laporan harta kekayaan penyelenggara (LHKPN) yang dilaporkan pada 16 Januari 2023, Yana mengaku memiliki harta kekayaan senilai sekitar Rp 8,55 miliar.

Baca juga: Soal ASN Pamer Harta, Sandiaga: Berdampak Negatif, Masyarakat Sedang Berjuang

Dokumen LHKPN itu menyebutkan, Yana hanya memiliki 1 harta berupa tanah dan bangunan. Harta tanah dan bangunan itu berada di Kabupaten atau Kota Bandung, dengan nilai mencapai Rp 5 miliar.

Kemudian, Yana tercatat memiliki dua transportasi, yakni motor Harley Davidson Fatboy tahun 2013 senilai Rp 350 juta dan mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakarr tahun 2019 senilai Rp 490 juta.

Lalu, Yana tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 40 juta. Ia pun menggenggam kas dan setara kas senilai Rp 2,67 miliar.

Baca juga: ASN Wajib Lapor Harta Kekayaan Lewat LHKAN dan LHKPN, Apa Bedanya?


Tercatat Yana tidak memiliki utang. Dengan demikian, total harta kekayaan Yana sampai dengan akhir tahun lalu mencapai Rp 8,55 miliar.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harta kekayaan Yana tercatat naik sebesar Rp 1,3 miliar. Berdasarkan dokumen LHKPN 2022, Yana tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 7,15 miliar pada 31 Desember 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com