Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tol yang Diskon Tarif Selama Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 16/04/2023, 07:24 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengelola jalan tol memberikan diskon tarif tol di sejumlah ruas selama mudik Lebaran 2023. Terdiri dari 3 ruas tol di Pulau Jawa dan 2 ruas tol di Pulau Sumatera.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menjelaskan bahwa penerapan kebijakan diskon tol ini merupakan upaya pemerintah bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik maupun arus balik.

"Kita harapkan agar diskon tarif tol ini yang telah ditawarkan oleh operator jalan tol ini dapat disambut positif dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu untuk mudik lebih dulu atau kembali lebih belakangan," katanya melalui pernyataan tertulis, dikutip Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Update Mudik H-8 Lebaran, 158.000 Lebih Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Adapun 5 tol yang diskon tarif sebagai berikut:

1. Tol Jakarta-Cikampek

PT Jasa Marga (Persero) memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen di Tol Jakarta-Cikampek. Penerapannya berlaku mulai 16-17 April dan arus balik 27-29 April, dari Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Gerbang Tol Kalihurip Utama atau sebaliknya.

2. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Sama seperti Jasa Marga, Hutama Karya juga memberikan diskon 20 persen di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Potongan tarif tol berlaku mulai 16-18 April dan arus balik 26-28 April 2023 untuk semua golongan kendaraan.

Baca juga: ASN Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas, Ini Aturannya

3. Tol Kayuagung-Palembang

Waskita Toll Road memberikan diskon tarif tol berlaku untuk ruas Tol Kayuagung-Palembang. Diskon tarif tol di jalan tol Trans Sumatera ini berlaku untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen.

Penerapan potongan harga tol ini diterapkan pada 16-18 April dan arus balik 27-29 April 2023.

4. Tol Tangerang-Merak

PT Marga MTol Bakauheni-Terbanggi Besarandalasakti memberikan diskon tarif tol di ruas Tol Tangerang-Merak. Besaran potongan tarifnya sebesar 20 persen pada tanggal 16-18 April dan 27-28 April 2023.

5. Tol Cibitung-Cilincing

PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways memberikan diskon tarif Tol Cibitung-Cilincing pada 14-30 April 2023. Adapun besaran potongan tarif tol yakni Golongan I sebesar 15 persen, Golongan II dan III sebesar 44 persen, dan Golongan IV dan V sebesar 58 persen.

Baca juga: Tips Atur Pengeluaran untuk Mudik Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com