Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2023, Menhub Pastikan Harga Tiket Pesawat dan Kereta Sudah Sesuai Ketentuan

Kompas.com - 21/04/2023, 20:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada hari ini, Jumat (21/4/2023) melakukan kunjungan ke bandara dan stasiun untuk memastikan harga tiket pesawat dan kereta sudah sesuai ketentuan.

Saat mengecek situasi arus mudik di Jawa Tengah, Menhub mengunjungi sejumlah sarana transportasi, yaitu Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang di Semarang, serta Bandara YIA di Yogyakarta. Dalam kunjungannya, dia menanyakan harga tiket ke sejumlah pemudik.

"Dari interaksi saya dengan beberapa penumpang, mereka semuanya membeli tiket di bawah tarif batas atas. Alhamdulillah tidak ada yang membeli melebih batas atas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4/2023).

Baca juga: Hindari Macet, Menhub Anjurkan Pemudik Lakukan Perjalanan Balik Sebelum atau Setelah 24-25 April 2023

Dia pun mengapresiasi para operator transportasi yang sudah mematuhi ketentuan tarif batas atas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan.

"Saya sampaikan terima kasih kepada operator transportasi yang menjalankan imbauan dari pemerintah, bahkan ada yang menjual jauh di bawah batas atas," ucapnya.

Arus Mudik H-1 Lebaran Tidak Sepadat Kemarin

Berdasarkan hasil kunjungannya ke sejumlah sarana transportasi, dia mengungkapkan, situasi pergerakan penumpang di stasiun dan bandara baik di Semarang maupun di Yogyakarta pada H-1 masih ramai tetapi tidak sepadat hari sebelumnya.

Dia bilang, pada tahun ini jumlah pemudik melonjak tinggi, tetapi pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait berupaya mengkoordinasikan lonjakan yang terjadi sehingga kepadatan di stasiun dan bandara masih tetap terkendali.

"Banyak sekali yang mudik pada tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian makin maju dan ini bisa menggerakan ekonomi di daerah-daerah. Saya sampaikan terima kasih kepada PT KAI, Angkasa Pura, maskapai penerbangan, dan operator transportasi lainnya yang telah bekerja keras untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan," ucapnya.

Baca juga: Beredar Video Pesawat Rute Jakarta-Kualanamu Mengeluarkan Asap, Batik Air Buka Suara

Lebih lanjut, dia mewanti-wanti pergerakan penumpang dan kendaraan yang akan kembali terjadi pada arus balik, yang puncaknya diprediksi akan terjadi pada Senin dan Selasa (24 dan 25 April 2023).

"Jangan lakukan perjalanan balik di hari Senin atau Selasa (24 dan 25 April 2023), tapi sebelum atau setelahnya di hari Rabu, Kamis atau Jumat," kata dia.

Dia menyebutkan beberapa upaya untuk memecah kepadatan di hari puncak arus balik, di antaranya memberikan diskon tarif tol di beberapa ruas tertentu dan memberikan diskon tarif angkutan umum di tanggal-tanggal di luar hari puncak arus balik.

"Saya mengapresiasi yang dilakukan Gubernur Jateng yang menyelenggarakan program mudik balik gratis dengan bus dan kereta api di tanggal 29 April atau setelah tanggal puncak arus balik. Mudah-mudahan upaya ini dapat melancarkan arus balik nanti," tuturnya.

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus 2 Juta Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com