Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Naik mulai 25 Mei 2023

Kompas.com - 24/05/2023, 08:01 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bakal menaikkan tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar mulai Kamis (25/5/2023) pukul 00.00 WIB. Pada hari yang sama diberlakukan juga diskon tarif 20 persen di seluruh gerbang tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, kenaikan tarif tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini akan dilakukan sesuai regulasi.

"Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menciptakan iklim investasi jalan tol agar tetap kondusif yang berdampak pada keberlanjutan jalan tol ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Siap-siap, Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Naik dalam Waktu Dekat

Selain itu, kenaikan tarif ini perlu dilakukan mengingat Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan jalan tol yang cukup panjang hingga 140 kilometer sehingga biaya maintenance dari tahun ke tahun pun semakin bertambah.

Untuk itu, sebelum melakukan penyesuaian tarif, pihaknya telah berupaya memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol ini.

"Kami juga melengkapi banyak fasilitas dalam mengoptimalisasi pengoperasian Tol Bakter sehingga penyesuaian tarif ini juga telah dibarengi dengan peningkatan layanan yang ada," ucapnya.

Baca juga: Kebut Pengerjaan Seksi 4 hingga 6, PUPR Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Awal Juni 2023

Meski begitu, Hutama Karya selaku operator tidak menginformasikan besaran tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang baru dalam keterangannya.

"Terkait besaran tarifnya akan kami infokan lebih lanjut saat SK tarif baru telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR," kata dia.

Diskon tarif tol 20 Persen

Selain menaikkan tarif, pada hari yang sama Hutama Karya juga memberikan diskon tarif baru hingga 20 persen di semua gerbang tol (GT) yang ada di ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Baca juga: Tarif Tol Medan-Binjai Naik Mulai Hari Ini, Simak Rinciannya

"Sebagai apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah setia memilih Tol Bakter sebagai alternatif perjalanan sejak tahun 2018, kami berikan diskon tarif baru hingga 20 persen," tuturnya.

Dia menegaskan, diskon tarif ini hanya berlaku di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Dengan demikian, pengemudi yang melintas dari GT Terbanggi Besar hingga GT Kayu Agung masih menggunakan tarif normal yang ada di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Baca juga: Tol Pulau Balang di IKN Bakal Punya Jalur Khusus Satwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com