Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Naik dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 23/05/2023, 16:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menaikkan tarif Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dalam waktu dekat.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor Kepmen 496/KPTS/M/2023 dan Nomor Kepmen 533/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi.

Penyesuaian tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi ini diumumkan oleh Jasa Marga melalui akun media sosial Instagram @jasamargametropolitan.

Baca juga: Kebut Pengerjaan Seksi 4 hingga 6, PUPR Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Awal Juni 2023

"Dalam waktu dekat, Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi akan memberlakukan tarif baru," tulis akun @jasamargametropolitan, dikutip Selasa (23/5/2023).

Namun tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai rincian tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi yang baru dan kapan akan diberlakukan.

Jasamarga Metropolitan memastikan pemberlakuan tarif baru ini mempertimbangkan keseimbangan antara kemampuan membayar pemakai jalan tol, pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) dan peningkatan pelayananan dari ruas Cipularang dan Padaleunyi.

Baca juga: Tarif Tol Medan-Binjai Naik Mulai Hari Ini, Simak Rinciannya

Sebagai informasi, tarif kedua tol yang menghubungkan Jakarta dan Bandung ini terakhir mengalami penyesuaian pada Januari 2021 atau dua tahun yang lalu.

Sementara menurut Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan Pada Pasal 48 ayat 3 menyebutkan, penyesuaian tarif jalan tol dapat dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan SPM jalan tol.

Baca juga: Kajian Terowongan Tol Bawah Laut di IKN Ditargetkan Selesai Tahun Ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com