Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang APQA, Pertamina Tekankan Pentingnya Teknologi di Industri Migas

Kompas.com - 28/05/2023, 21:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur SDM PT Pertamina (Persero), M Erry Sugiharto menjelaskan, saat ini merupakan masa revolusi industri 5.0 dimana pemanfataan teknologi modern seperti artificial intelligence, robotic, mesin e-learning akan berjalan beriringan dengan aktivitas manusia.

“Kita akan terus berhadapan dengan teknologi, apabila dimaknai secara positif tentunya akan membantu kita menjawab tantangan dan mengakselerasi kinerja. Namun di sisi lain hal tersebut bisa menjadi ancaman dan tidak bisa beradaptasi atas perubahan tersebut,” kata Erry dalam ajang Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2023 yang disampaikan dalam siaran pers, Minggu (28/5/2023).

Erry mengungkapkan, Quality Management menjadi faktor penting dalam meningkatkan keunggulan kompetitif, membangun citra Perusahaan, dan meningkatkan nilai tambah dalam mencapai kesuksesan yang akan dirasakan jangka Panjang.

APQA merupakan ajang penghargaan tahunan dalam bidang inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero). Dalam kegiatan tersebut, Subholding Upstream Pertamina meraih lima penghargaan, diantaranya The Most Productive & Sustainable CIP, The Most Productive Replicated Innovation, The Best KOMET Influencer, The Best Business Performance Excellence, dan The Best Value Creation Achievement.

Baca juga: Komisi VII DPR Minta Shell Segera Lepas Blok Masela ke Pertamina

Direktur SDM & Penunjang Bisnis Subholding Upstream Pertamina, Oto Gurnita, mengungkapkan bahwa APQA merupakan program yang sangat positif dan konstruktif sehingga harus selalu didukung pelaksanaannya secara berkesinambungan.

“Seluruh inovasi memberikan kontribusi yang signifikan. Inovasi merupakan salah satu pilar dari Quality Management yang telah menjadi budaya perusahaan. Selain itu inovasi juga menjadi bagian dari bisnis proses keseharian untuk menghasilkan produk-produk yang optimal sehingga mendukung operational excellent untuk mendukung pencapaian target perusahaan,” terang Oto.

Oto menegaskan, Subholding Upstream Pertamina berkomitmen untuk terus melaksanakan inovasi diberbagai fungsi untuk menghasilkan value creation seoptimal mungkin tanpa mengorbankan safety dan operational excellence.

Baca juga: Green Bonds Pertamina Geotermal Laris, Oversubscribed hingga 8,25 Kali


APQA tahun 2023 merupakan penyelenggaraan tahun ke-13 di mana terdapat total 154 inovasi yang mendapatkan penghargaan. Subholding Upstream Pertamina juga berhasil meraih 21 kategori platinum, 23 kategori gold, dan 9 kategori silver.

Subholding Upstream Pertamina, yang dikoordinir oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE), terus berkomitmen menjaga praktik bisnis sesuai dalam jalur tren investasi berkelanjutan (environmental, social and governance/ESG) juga aspek safety.

PHE juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022. Subholding Upstream berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG.

“Subholding Upstream Pertamina akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible dan Good Governance,” tegas Oto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com