Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMO Prakerja: 24 Persen Peserta Langsung Dapat Kerja Usai Pelatihan

Kompas.com - 31/05/2023, 22:15 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat sebanyak 24 persen peserta Kartu Prakerja skema normal mendapatkan pekerjaan dalam waktu satu setengah bulan setelah menyelesaikan program.

"Itu satu bulan pasca-mereka menerima insentif atau kurang lebih 1,5 bulan setelah mereka menyelesaikan pelatihan," kata Direktur Eksekutif Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari seperti dilansir dari Antara, Rabu (31/5/2023). 

Menurut Denni, peserta Prakerja yang menganggur dipermudah untuk mendapatkan dengan rekomendasi lowongan pekerjaan di dashboard akun Kartu Prakerja mereka.

Baca juga: Saat Elon Musk Kunjungi China untuk Pertama Kali dalam Tiga Tahun Terakhir...

"Setelah selesai pelatihan, biasanya lowongan kerja yang berkaitan dengan pelatihan langsung muncul di dashboard, sehingga bisa diklik dilihat langsung untuk didaftarkan dengan sertifikat Prakerja," ujar Denni.

Namun demikian, Program Kartu Prakerja tidak hanya diikuti oleh peserta yang belum memiliki pekerjaan, karena 91 persen peserta Prakerja skema normal di 2023 mengatakan ingin meningkatkan pekerjaan atau naik dari 84 persen pada skema semi bansos.

Peserta pun semakin cermat membandingkan pelatihan yang akan diambil dengan pelatihan di situs pembelajaran lain, yakni dari 55 persen di skema semi bansos menjadi 66 persen.

Baca juga: Papua Punya Potensi Besar Energi Terbarukan Capai 381 GW

Pelaksanaan Program Kartu Prakerja pada tahun 2023 berbeda dari pelaksanaan di tiga tahun sebelumnya, dimana Prakerja menjalankan misi menyalurkan bantuan sosial.

Pada tahun ini Prakerja berfokus meningkatkan keahlian angkatan kerja dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk pekerjaan yang masih sangat dibutuhkan oleh dunia kerja.

Hal itu mengacu kepada laporan Critical Occupation List, Indonesia Occupation Task and Skills dan beberapa referensi lainnya terbitan Bappenas, Bank Dunia dan World Economic Forum.

"Moda pelatihannya yang semula menggunakan moda self-paced learning atau video pembelajaran, kini berganti menjadi kelas webinar dan pertemuan tatap muka," katanya.

Baca juga: Cara Setor Tunai di ATM BCA dengan Mudah, Bisa Tanpa Kartu

Adapun jumlah peserta Program Kartu Prakerja mencapai 390.000 pada skema normal atau pada Batch 48 dan 53 di 2023. Sehingga pada tahun ini Prakerja masih memiliki sisa kuota untuk peserta sebanyak 610.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com