Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Pasar Migas Masih Besar, Elnusa Tingkatkan Kapasitas Bisnis Hulu

Kompas.com - 22/06/2023, 12:57 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Elnusa Tbk (ELSA) melihat peluang pasar pada industri minyak dan gas (migas) masih besar ke depan. Untuk itu, Elnusa meningkatkan bisnis hulu dengan mengalokasikan belanja modalnya untuk membeli Accomodation Work Barge (AWB) Offshore jenis tongkang kerja yang siap pakai. 

Pembelian AWB Offshore tersebut merupakan investasi yang tepat guna pada semester I-2023. Pembelian ini dipergunakan dalam mendukung optimalisasi produksi migas melalui kegiatan workover dan well intervention.

Hal ini tentunya sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam menetapkan sasaran mempercepat realisasi target 1 juta barrel minyak dan 12 BSCFD gas demi ketahanan energi nasional masa depan.

“Kami tidak tinggal diam merespons gairah iklim migas tanah air yang kembali membara, terlebih SKK Migas telah menyampaikan bahwa potensi hulu migas di lepas pantai dan Indonesia bagian timur masih amat besar. Untuk itu, adalah tugas kami sebagai satu-satunya aset nasional yang memiliki kompetensi dan pengalaman mumpuni di bidang jasa migas untuk mengerjakan dan mengembangkan industri migas di Indonesia,” ujar Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora, melalui keterangan pers, Kamis (22/6/2023). 

Baca juga: Dukung Produksi Minyak 1 Juta Barrel, Elnusa Petrofin dan SNF SAS Sepakati Kerja Sama Distribusi Eksklusif

Menurut John, investasi pembelian AWB Offshore ini akan mendatangkan dua hal.

Pertama, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pemegang saham terhadap Elnusa dalam mendukung optimalisasi produksi migas menggunakan aset mandiri.

Kedua, menambah profit perusahaan secara konsolidasian, AWB Offshore ini diyakini menjawab permintaan pasar yang sedang tumbuh dan ditargetkan dapat mendukung produksi migas di perairan kalimantan timur, perairan laut jawa, perairan sumatera dan wilayah Offshore lainnya.

Ia menambahkan, dengan investasi AWB Offshore ini, perseroan juga ditargetkan bisa menekan biaya operasi (sewa) dan peningkatan efisiensi proyek hingga 20 persen.

"Atas hal tersebut, kami siap mendukung secara penuh program Pemerintah dalam mengembalikan masa keemasan produksi migas nasional yang pada akhirnya signifikan berkontribusi pada capaian pendapatan negara,” tutup John.

Baca juga: Cadangan Migas Baru Ditemukan di Wilayah Kerja Pertamina Hulu Sanga-sanga Kaltim

Sebagai informasi, AWB Offshore yang dibeli Elnusa ini merupakan armada ke-11 yang dikelola anak usahanya, yakni PT Elnusa Trans Samudera (ETSA) yang bergerak di bidang jasa pendukung kelautan pada energi lepas pantai.

AWB Offshore ini memiliki kapasitas deck area yang cukup luas yang dapat menampung akomodasi sebanyak 200 personal on board (POB) dan memiliki crane dengan kapasitas 92,2 ton yang mampu digunakan untuk menunjang produksi migas di Offshore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com