Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal Operasional LRT Jabodebek Berubah-ubah, Manajemen: Menunggu Kepastian Presiden...

Kompas.com - 22/08/2023, 11:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal operasional komersial LRT Jabodebek terus berubah-ubah. Dari ditargetkan beroperasi 18 Agustus 2023, lalu diundur menjadi antara 26, 28, atau 30 Agustus 2023.

Usai menjajal perjalanan LRT Jabodebek dari Stasiun Jati Mulya, Bekasi, menuju Stasiun Dukuh Atas pada Kamis (10/8/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, LRT Jabodebek akan beroperasi penuh pada 26 Agustus 2023.

Sebab saat itu Jokowi melihat kesiapan LRT Jabodebek sudah lebih baik sehingga dalam waktu dekat diperkirakan dapat mengangkut penumpang.

Baca juga: Berubah Lagi, LRT Jabodebek Bakal Beroperasi Penuh 28 Agustus 2023

"Kemungkinan, Insya Allah (diresmikan tanggal) 26 Agustus," kata Jokowi di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Kemudian pada pekan lalu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal menyebut, LRT Jabodebek bakal dioperasikan pada 30 Agustus 2023 lantaran menunggu Presiden Jokowi kembali dari dinas di luar negeri.

"Tanggal 26 Pak Jokowi kayaknya enggak di Indonesia, baru direncanakan tanggal 30. Tidak ada masalah dengan kereta, masalah waktu beliau saja untuk meresmikan. COD (commercial operation date) tanggal 30. Rencana, semua masih rencana," kata Risal saat media briefieng di kantornya, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Terakhir, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI John Robertho menyebut, LRT Jabodebek akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 28 Agustus 2023.

Dia bilang, saat ini KAI selaku operator bersama para pemangku kepentingan tengah melakukan trial run untuk memastikan kesiapan 27 rangkaian LRT Jabodebek secara bertahap.

"Hari ini kita melakukan trial operation bersama dengan seluruh stakeholder. Hari ini kita mengoperasikan 22 trainset untuk mencapai titik sesuai dengan skenario kita untuk rencana operasi kita pada tanggal 28 ya untuk diresmikan oleh Pak Jokowi," ujarnya di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Kala Pekerja Menimbang Ongkos Naik LRT Jabodebek

Hal yang sama juga diungkapkan oleh , Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo saat melakukan trial run LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Halim, Senin (21/8/2023).

Berdasarkan tinjauannya, dia mengungkapkan progres persiapan LRT Jabodebek sudah cukup baik, baik itu dari kenyamanan perjalanan, sistem perangkat lunak (software), maupun sinkronisasi antara pintu kereta dengan pintu stasiun.

"Kami sudah puas dengan hasilnya, kita harapkan ada perbaikan lebih lanjut sebelum pengoperasian 28 Agustus," kata pria yang akrab disapa Tiko itu.

Lalu kapan tanggal operasional LRT Jabodebek?

Penjelasan Manajemen LRT Jabodebek

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo menjelaskan, tanggal operasional komersial LRT Jabodebek masih belum dapat dipastikan lantaran harus menunggu jadwal Presiden Jokowi kembali ke Indonesia.

Pasalnya, Presiden Jokowi sedang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi KTT BRICS 2023 yang dilaksanakan di Afrika Selatan pada 22-24 Agustus 2023.

"Nanti rencana peresmian kan sama presiden, jadi ya menunggu kepastian Presiden," jelas Kuswardojo saat dikonfirmasi media, Senin (21/8/2023).

"Belum (pasti tanggal 28 Agustus), Pak Presiden-nya kan lagi di luar negeri pulangnya tanggal berapa enggak tahu. Kita masih nunggu presiden ngabarin kapan dia siapnya," tambahnya.

Baca juga: Jokowi Sebut LRT Beroperasi 26 Agustus, KAI: Kami Terus Lakukan Penyempurnaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com