Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Tol Jakarta Jogja Terbaru 2023

Kompas.com - 15/09/2023, 09:29 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda yang hendak ke Yogyakarta dengan kendaraan pribadi, mungkin kerap bertanya berapa biaya Tol Jakarta Jogja?

Dengan menggunakan jalan tol, waktu tempuh bisa menjadi lebih cepat. Terlebih saat ini pembangunan tol ke arah Jogja juga terus dikebut pengerjaannya.

Nantinya, ada dua ruas jalan bebas hambatan yang bisa menuju ke Yogyakarta, pertama adalah ruas Tol Solo-Jogja, dan kedua adalah ruas Tol Semarang Bawen-Jogja.

Untuk kendaraan dari arah Jakarta, jalur paling cepat adalah melalui ruas Tol Semarang Bawen-Jogja ketimbang melalui Solo yang jalannya memutar. Lalu berapa tarif Tol Jakarta Jogja?

Baca juga: Tarif Tol Jagorawi dan Tol Sedyatmo Naik Hari Ini, Berikut Rinciannya

Biaya Tol Jakarta Jogja

Sebagai informasi, jarak tempuh perjalanan Jakarta - Yogyakarta apabila menggunakan Tol Trans Jawa yakni sekitar 552 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 7-8 jam perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya pengendara kendaraan pribadi yang akan menggunakan tol dianjurkan untuk memperhatikan tarif tol Jakarta Jogja sesuai dengan rute yang akan dilalui.

Mengutip informasi yang dirilis Jasa Marga, berikut biaya Tol Jogja Jakarta per 2023 dengan asumsi menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sedan, pick up, minibus, dan jeep.

Total ada 9 ruas tol yang dilalui dari Jakarta ke Yogyakarta. Berikut rinciannya:

Baca juga: Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi Naik Mulai 5 Juni

  • Jakarta-Cikampek: Rp 20.000
  • Cikopo-Palimanan: Rp 119.000
  • Palimanan-Kanci: Rp 12.500
  • Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
  • Pemalang-Batang: Rp 45.000
  • Batang-Semarang: Rp 86.000
  • Semarang ABC: Rp 5.500
  • Semarang-Solo: Rp 75.000.

Total biaya yang dikeluarkan untuk biaya Tol Jakarta Jogja apabila keluar di Solo adalah sebesar Rp 453.500. Dari Solo, pengendara bisa melanjutkan perjalanan melalui jalan Klaten-Yogyakarta melalui Kartasura.

Tarif Tol Jakarta Jogja setelah tol selesai

Nah pembangunan Tol Bawen Jogja terus dikebut pengerjaannya. Dengan begitu, pengguna tol dari Jakarta yang menuju Yogyakarta tak perlu keluar di pintu Tol Solo, namun bisa langsung menuju ke Yogyakarta via tol.

Sesuai rencana, apabila sudah beroperasi, tarif yang akan berlaku untuk kendaraan golongan I adalah Rp 1.875 per kilometer.

Baca juga: Tak Kunjung Dibangun, Bagaimana Kelanjutan Proyek Tol Terpanjang di RI?

Sementara panjang jalan tol ini yakni 75 kilometer. Dengan asumsi tarif di atas, maka tarif tol dari Bawen Semarang ke Yogyakarta adalah sebesar Rp 140.000.

Dengan demikian, asumsi Tol Bawen Yogyakarta sudah selesai dan beroprasi, maka biaya Tol Jakarta Jogja adalah sebesar Rp 593.000. Semoga informasi tarif Tol Jakarta Jogja ini bisa membantu.

Simak rincian biaya Tol Jakarta Jogja terbaru, baik via Solo atau apabila langsung ke Yogyakarta.GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Simak rincian biaya Tol Jakarta Jogja terbaru, baik via Solo atau apabila langsung ke Yogyakarta.

Baca juga: Deretan 7 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com