Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Uji Coba Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 18/09/2023, 11:36 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat secara gratis telah dimulai sejak Jumat (15/9/2023). Rencananya uji coba akan dilaksanakan sampai 30 September 2023.

Uji coba operasional terbatas ini merupakan tahapan terakhir sebelum nantinya kereta cepat Jakarta-Bandung diresmikan pada 1 Oktober 2023.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator kereta cepat baru dapat melaksanakan uji coba operasional terbatas ini setelah mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan pada Kamis (14/9/2023.

Baca juga: Simak Tata Tertib yang Harus Dipatuhi Selama Mengikuti Uji Coba Kereta Cepat

Berikut Kompas.com rangkum serba-serbi uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung:

1. Masyarakat sekitar jadi prioritas

Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu, tahap awal untuk masyarakat yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat.

Uji coba untuk masyarakat sekitar ini dimulai pada Jumat (15/9/2023). Pada hari pertama pelaksanaan, tercatat ada sebanyak 1.700 orang yang mengikuti uji coba

Peserta uji coba tahap awal ini merupakan warga dari 98 desa atau kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota/kabupaten di sepanjang jalur kereta cepat.

Warga tersebut melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus.

Baca juga: Ini Link Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Tahap 2, Dibuka 24 September 2023

Selain masyarakat terdampak, masyarakat umum lainnya juga bisa mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung dengan penumpang secara gratis.

Berbeda dengan pendaftaran untuk masyarakat sekitar yang dikoordinasikan oleh perangkat kelurahan dan kecamatan, pendaftaran uji coba untuk masyarakat umum ini dibuka untuk umum secara online melalui website resmi KCIC, yaitu https://ayonaik.kcic.co.id/

Adapun pelaksanaan uji coba untuk masyarakat umum ini pendaftarannya dibuka pada Minggu (17/9/2023) dan keberangkatannya selama 18-30 September 2023.

Baca juga: Kuota Uji Coba Gratis Kereta Cepat Ludes, KCIC: Masih Ada Pendaftaran Tahap 2

2. Pendaftaran uji coba dalam 2 tahap

PT KCIC membuka pendaftaran kereta cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat umum dalam dua tahap.

Pendaftaran tahap 1 dibuka 17 September untuk jadwal keberangkatan 18-24 September.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com