Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Kereta Cepat Dimulai: Kuota 2.200 Kursi, Khusus Warga Sekitar, dan Gratis

Kompas.com - 15/09/2023, 18:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memulai rangkaian uji coba operasional kereta cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat pada hari ini, Jumat (15/9/2023) hingga 30 September 2023.

Namun untuk tahap awal, masyarakat yang dapat mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat ini ialah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, uji coba dilakukan setelah KCIC mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan pada Kamis (14/9/2023).

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Dimulai Hari Ini untuk Masyarakat Sekitar Jalur KA

Kuota peserta yang dapat mengikuti uji coba kereta cepat untuk masyarakat sekitar ini sebanyak 2.200 ketersediaan tempat duduk.

Pada uji coba ini KCIC menyiapkan 4 jadwal keberangkatan dimana setiap peserta akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (PP) Stasiun Halim-Tegalluar dan sebaliknya.

"Secara total setiap harinya terdapat 8 perjalanan KA Cepat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Saat ini melalui pendataan terdapat 98 desa atau kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota dan kabupaten di sepanjang jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Warga tersebut melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus.

Besarnya dukungan masyarakat sekitar jalur kereta cepat Jakarta-Bandung tidak lepas dari tingginya antusiasme warga terhadap hadirnya moda transportasi masal modern.

Baca juga: Update Kesiapan Akses dan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jelang Diresmikan 1 Oktober


Baca juga: KCIC Targetkan Kereta Cepat Dioperasikan Sepenuhnya oleh Indonesia

Terlebih Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang berhasil membangun teknologi kereta cepat berstandar dunia.

Eva bilang, forum-forum diskusi bersama warga sekitar trase kereta cepat menjadi salah satu pendukung dalam proses pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Proses pembangunan KA Cepat tidak akan bisa berjalan mulus tanpa dukungan yang baik dari masyarakat disekitar jalur KA Cepat," ucapnya.

Selain masyarakat terdampak, masyarakat umum lainnya juga bisa mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat dengan penumpang tidak berbayar. Pendaftarannya akan dibuka pada Sabtu (16/9/2023).

Sementara sebagai apresiasi atas dukungan seluruh stakeholder yang langsung ikut mensukseskan kelancaran persiapan operasional kereta cepat, KCIC juga telah mengalokasikan undangan bagi para stakeholder terkait untuk mengikuti perjalanan kereta cepat Jakarta Bandung.

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Dimulai Hari Ini untuk Masyarakat Sekitar Jalur KA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com