Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibuka Mulai Besok

Kompas.com - 15/09/2023, 15:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) akan membuka pendaftaran uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat umum pada Sabtu (17/9/2023).

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, masyarakat umum yang mau ikut uji coba kereta cepat secara gratis bisa mendaftar secara online melalui website resmi KCIC mulai Sabtu besok.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai link pendaftaran, cara daftar, persyaratan, dan sebagainya akan diumumkan secara resmi melalui saluran informasi resmi KCIC salah satunya akun resmi @keretacepat_ID.

"Selain masyarakat terdampak, masyarakat umum lainnya juga bisa mengikuti kegiatan uji coba KA Cepat dengan penumpang tidak berbayar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis Dimulai Hari Ini untuk Masyarakat Sekitar Jalur KA

Eva mengungkapkan, hari ini KCIC baru saja resmi menjalankan uji coba operasional dengan penumpang tidak berbayar untuk dapat menjajal kereta cepat.

Ujicoba dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada Kamis (14/9/2023). Adapun keterlibatan masyarakat yang merupakan bagian dari uji coba kereta cepat ini akan terus dilakukan hingga 30 September 2023.

Namun untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat.

Hal ini untuk memberikan apresiasi KCIC atas peran serta masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan kereta cepat berjalan lancar.

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat untuk Masyarakat Berlaku sampai 30 September

Pada proses uji coba penumpang tidak berbayar tersebut setiap harinya akan terdapat 4 jadwal keberangkatan dengan mekanisme setiap penumpang akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (PP) Halim-Tegalluar dan sebaliknya,

Dengan demikian, secara total setiap harinya terdapat 8 perjalanan kereta cepat. Selama masa uji coba setiap harinya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk.

Saat ini melalui pendataan terdapat 98 desa atau kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota dan kabupaten di sepanjang jalur kereta cepat.

Warga tersebut melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus.

Sementara sebagai apresiasi atas dukungan seluruh stakeholder yang langsung ikut mensukseskan kelancaran persiapan operasional KA Cepat, KCIC juga telah mengalokasikan undangan bagi para stakeholder terkait untuk mengikuti perjalanan KA Cepat relasi Jakarta Bandung.

Baca juga: Update Kesiapan Akses dan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jelang Diresmikan 1 Oktober

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com