Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Hasil Pertemuan The Fed, Wall Street Ditutup Hijau

Kompas.com - 19/09/2023, 07:31 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Bursa saham AS atau Wall Street ditutup pada zona hijau pada akhir perdagangan Senin (18/9/2023) waktu setempat. Pergerakan harga saham di bursa AS dibayangi oleh sentimen pertemuan The Fed yang akan membahas kebijakan suku bunga lebih lanjut.

Indeks S&P 500 naik tipis 0,07 persen menjadi 4,453.53. Nasdaq Komposit bertambah 0,01 persen dan berakhir pada level 13.710,24. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average (DJIA) menguat 6,06 poin atau 0,02 persen, pada posisi 34.624,30.

Pertemuan The Fed untuk membahas mengenai kebijakan suku bunga lebih lanjut dimulai pada hari Selasa pekan ini. FedWatch CME Group memperkirakan sebesar 99 persen, bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga acuan.

Baca juga: Ditopang Data Ekonomi yang Kuat, Wall Street Berakhir Hijau

Namun, untuk bulan November pasar berspekulasi bahwa The Fed memiliki potensi menaikkan kembali suku bunganya, dengan jumlah investor yang memperkirakan hal tersebut sebesar 31 persen. Namun, ekonom Goldman Sachs mengatakan tidak akan terjadi kenaikan suku bunga pada bulan November.

“Semua orang tahu bahwa mereka akan tetap menunggu pertemuan The Fed. Penantian ini adalah momen yang akan menentukan seperti apa panduan ekonomi ke depannya,” kata Stephanie Lang, CIO di Homrich Berg mengutip CNBC.

Saham Apple naik 1,7 persen usai Goldman Sachs dan Morgan Stanley memberikan pandangan optimis terhadap permintaan iPhone terbaru. Sementara itu, saham Ford turun lebih dari 2 persen seiring dengan berlanjutnya pemogokan United Auto Workers.

Di sisi lain, saham Stellantis dan General Motors mengalami penurunan lebih dari 1 persen. Hal tersebut terjadi usai kedua produsen mobil itu berhadapan dengan serikat pekerja.

S&P 500 dan Nasdaq keduanya mengakhiri pekan perdagangan sebelumnya dengan penurunan, selama dua minggu berturut-turut. Sementara itu, DJIA minggu lalu berhasil naik 0,1 persen.

Baca juga: IHSG Melemah di Akhir Sesi, 350 Saham Masuk Zona Merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com