Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Gandeng Perusahaan Energi UEA untuk Ekspansi PLTS Terapung Cirata

Kompas.com - 22/09/2023, 16:26 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PLN Nusantara Power, bakal melakukan ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS Terapung Cirata di Purwakarta, Jawa Barat, yang saat ini berkapasitas 192 megawatt peak (MWp).

Pengembangan PLTS Terapung Cirata akan dilakukan PLN bersama Masdar, perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA). Keduanya telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pada UEA-Indonesia Economic Forum, 21 September 2023.

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah mengatakan, dengan kapasitas PLTS Terapung Cirata yang sekarang mencapai 192 MWp sudah menjadi salah satu PLTS Terapung dengan kapasitas besar di dunia.

Baca juga: Perusahaan Energi UEA Bakal Bangun Proyek PLTS Terapung Senilai Rp 1,7 Triliun di Indonesia

Suasana PLTS Cirata 1 MW.Dok HUMAS PEMPROV JABAR Suasana PLTS Cirata 1 MW.
"Kami bekerja sama dengan Masdar untuk melakukan penelitian dalam pengembangan PLTS Terapung Cirata menjadi lebih besar. Melihat potensi dan luas lahan Danau Cirata yang bisa digunakan, ekspansi ini sangat mungkin dapat dikerjakan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

PLTS Terapung Cirata dibangun PLN Nusantara Power melalui anak usahanya, PLN Nusantara Renewables yang bekerja sama dengan Masdar.

Kerja sama ini memasuki proses finalisasi dengan kepemilikan saham PLN Nusantara Renewables sebesar 51 persen dan Masdar sebesar 49 persen.

PLTS yang dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 1,7 triliun merupakan proyek yang akan mendukung target net zero emission (NZE) pada 2060.

Baca juga: PLTS Tol Bali-Mandara Sukses Pangkas Emisi, Bakal Dibangun di Tol Lain

PLTS yang menempati area seluas 200 hektar ini akan menghasilkan energi sebesar 245 juta kWh per tahun dan dapat memasok listrik setara untuk 50.000 rumah tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com