Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Penumpang Pelita Air Bercanda Bawa Bom, Ini Akibatnya | Cara Cek KTP Dipakai Pinjol atau Tidak

Kompas.com - 07/12/2023, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Penumpang Bercanda Bawa Bom, Penerbangan Pelita Air dari Surabaya Tertunda

Pesawat Pelita Air dengan nomor penerbangan IP 205 PKPWD rute Surabaya-Jakarta pukul 13.20 WIB batal lepas landas dari Bandara Juanda karena adanya candaan penumpang soal bom. Penerbangkan pun sempat tertunda atau delay.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan, salah satu penumpang bercanda membawa bom.

Alhasil, pesawat yang sedang berjalan menuju landasan pacu tersebut batal lepas landas dan dialihkan ke isolated parking area.

"Terdapat penumpang yang bercanda membawa bom. Menindaklanjuti hal tersebut pesawat diarahkan ke isolated parking area, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas gabungan Bandara Juanda," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12/2023).

Hasil pemeriksaan ternyata ditemukan tidak adanya ancaman bom yang dimaksud. Hanya saja, penumpang yang bercanda soal bom tersebut diamankan oleh POM Lanudal Juanda.

Selengkapnya klik di sini.

2. Apakah Punya Banyak Jenis Cicilan Berdampak pada Skor Kredit?

Masyarakat yang memiliki banyak jenis cicilan kerap menyimpan pertanyaan, apakah hal tersebut akan berpengaruh pada skor kredit yang dimiliki.

Skor kredit adalah penilaian yang digunakan untuk mengukur kelayakan dalam memberikan fasilitas kredit dan ditentukan berdasarkan kepemilikan produk kredit dan status pembayarannya.

Skor kredit dapat dilihat dengan mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan atau disebut SLIK yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas, apakah punya banyak cicilan akan memengaruhi skor kredit? Unsecured Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Tresia Sarumpaet menjelaskan, banyaknya jenis cicilan tidak berpengaruh pada penghitungan skor kredit.

"Punya cicilan banyak sebenarnya tidak apa-apa asal lancar," kata dia dalam Journalist Class Bank Danamon, Selasa (5/12/2023). Sebaliknya, ketika pembayaran cicilan tidak lancar, otomatis itu akan berpengaruh pada skor kredit seseorang.

Selengkapnya klik di sini.

3. Cara Cek KTP Dipakai Pinjol atau Tidak

Dilansir dari laman Indonesia.go.id, cara mengecek KTP digunakan pinjol atau tidak bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan atau SLIK OJK.

Melalui layanan ini, Anda dapat meminta informasi terkait pinjaman atau kredit apa saja yang terkait dengan identitas Anda. Dengan kata lain, Anda bisa memeriksa setiap pinjaman yang menggunakan data KTP Anda.

Namun sebelum melakukan pengecekan, Anda perlu menyiapkan dokumen pendukungnya terlebih dahulu yakni KTP, foto diri, dan foto diri dengan KTP. Setelah menyiapkan dokumen pendukung, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk pengcekan SLIK OJK.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com