BrandzView
Konten ini merupakan hasil interview Kompas.com dengan Lazada

Perkuat Penjualan Fesyen Lokal, Lazada Gandeng Ratusan UKM Cirebon

Kompas.com - 21/12/2023, 09:07 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comLazada Indonesia menjalin kemitraan strategis dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kota Cirebon. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberdayakan pedagang fesyen lokal binaan dinas tersebut yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon.

Keputusan itu menjadi langkah konkret Lazada dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital serta memberikan peluang yang setara bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.

Dalam kerja sama tersebut, Lazada mendaftarkan ratusan UKM fesyen dari Mall UKM Cirebon ke platform digitalnya sehingga dapat berjualan secara online di Lazada. Kemudian, produk-produk mereka ditampilkan secara khusus di kanal “Cinta Lokal” yang sebelumnya diberi nama “Harbolnas” selama festival belanja Lazada 12.12 berlangsung.

“Cinta Lokal” merupakan kanal khusus yang dibuat Lazada untuk mempromosikan produk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) fesyen, termasuk pelaku usaha di Mall UKM Cirebon.

Baca juga: Gandeng Pemkot Cirebon, Lazada Perkuat UKM Fesyen Cirebon

Category Director Fashion Lazada Indonesia Athina Tokan menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung penjual lokal agar dapat meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar melalui Lazada.

Demi mencapai tujuan itu, Lazada kerap memberikan promo bagi para konsumennya.

Saat festival belanja Lazada 12.12 pada 12-16 Desember 2023, misalnya, Lazada memberikan potongan harga hingga 50 persen bagi konsumen yang berbelanja di kanal tersebut.

“Antusiasme masyarakat dalam berbelanja biasanya meningkat saat akhir tahun. Karena itu, para pelaku usaha tidak hanya menyiapkan produk-produk pilihan, tapi juga berbagai penawaran harga menarik, seperti diskon kanal Cinta Lokal yang kemarin diberi nama Harbolnas selama periode festival belanja Lazada 12.12,” tutur Athina dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Lazada: Indonesia Pasar Besar untuk E-commerce, Semua Punya Kesempatan Sama

Ia pun berharap, periode akhir tahun serta segala promo yang diberikan Lazada bisa menarik banyak pelanggan sehingga menjadi momentum bagi pelaku UMKM lokal untuk mengembangkan bisnis. Apalagi, produk-produk Lazada kini semakin bervariasi dengan keikutsertaan para pelaku UKM fesyen Cirebon.

“Lewat kolaborasi tersebut, Lazada bisa memberikan lebih banyak pilihan produk-produk asli Indonesia, terutama dari Cirebon, seperti batik dan kerajinan anyaman tas. Kami pun berharap dapat memberdayakan lebih banyak penjual lokal Indonesia agar mereka mendapatkan perhatian yang lebih luas dari masyarakat," tutur Athina.

Salah Satu Penjual Baju di Pasar Tegal Gubug, Cirebon.Dok. Lazada Salah Satu Penjual Baju di Pasar Tegal Gubug, Cirebon.

Tuai apresiasi

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon Iing Daiman, SIP, Msi, mengucapkan terima kasih kepada Lazada atas kerja sama yang terjalin. Ia mengatakan, banyak pebisnis berbakat di Cirebon masih kurang dikenal secara luas.

Dengan bergabung dengan kanal “Cinta Lokal” di Lazada, ia berharap, para UKM Cirebon dapat memiliki akses untuk memasarkan produk dan mengembangkan jaringan distribusi hingga ke seluruh Indonesia.

Baca juga: VP Business Development Lazada Bagikan 4 Tips Sukses Membangun UMKM

Sebagai bagian dari kerja sama, Lazada dan DKUKMPP Kota Cirebon juga menyelenggarakan dua pelatihan pada November 2023.

Pertama, Akselerasi Top Seller UKM dan UMKM. Dalam pelatihan, para pelaku UKM Cirebon diberikan tip dalam memanfaatkan fitur-fitur platform Lazada dan melihat peluang pasar.

Kedua, Mall UKM Cirebon Go Online. Ratusan UKM yang pertama kali berjualan online diberikan pemahaman dasar yang meliputi persiapan foto produk dan pemilihan keragaman produk untuk menarik konsumen.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com