Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Peduli Kesejahteraan Masyarakat Sekitar, IWIP Realisasikan Program CSR Pendidikan hingga Lingkungan

Kompas.com - 01/02/2024, 15:02 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) telah merealisasikan berbagai program corporate social responsibility (CSR) sepanjang 2023. Program ini difokuskan pada empat pilar utama, yaitu pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan lingkungan, serta pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

IWIP dalam siaran persnya Kamis (31/1/2024) menyatakan bahwa pihaknya aktif menjalankan program-program tersebut guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar Kawasan Industri (KI) Weda Bay di Provinsi Maluku Utara.

Hal tersebut diwujudkan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah provinsi (pemprov).

"Dalam sektor pendidikan, IWIP berkontribusi dengan membangun berbagai sarana dan prasarana di 25 sekolah, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat, yang tersebar di Kabupaten Halmahera Tengah dan Halmahera Timur," tulis Manajemen IWIP melalui keterangan persnya, Rabu (31/1/2024). 

Baca juga: Gedung Laboratorium Kampus UTS Sumbawa Terbakar, Satu Pegawai Terluka

Perusahaan juga memberikan bantuan peralatan laboratorium kepada Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknik (FT) Universitas Khairun di Ternate.

Di Kota Tidore Kepulauan, IWIP memberikan beasiswa kepada 77 mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tidore Mandiri melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU), dan menyumbangkan 44 unit komputer untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa.

Selain itu, IWIP berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk melaksanakan program Pelatihan Pandai Berhitung Cepat Tahap II, Metode Matematika Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (Gasing), dan program Pengentasan Buta Huruf di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Halmahera Tengah.

Sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas penting bagi perusahaan, dengan bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah, IWIP memberikan dukungan melalui fasilitasi kegiatan studi banding bagi tenaga kesehatan (nakes) ke luar negeri.

Baca juga: Kembangkan Pelayanan bagi Mahasiswa, UT Studi Banding ke AIOU, Pakistan

Sebanyak 20 nakes, termasuk dua pegawai dari dinas kesehatan (dinkes), lima bidan dari Rumah Sakit (RS) Weda, dan 11 koordinator bidang dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Halteng, perawat, dan apoteker dikirim ke China.

Langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja para nakes agar dapat beradaptasi dengan teknologi demi mendukung pelayanan kesehatan yang optimal.

IWIP juga turut berkontribusi dalam mendukung pemerintah pusat dan pemda dalam penanganan Covid-19 sejak 2021, dengan mendonasikan 250 unit konsentrator oksigen dan berbagai alat kesehatan lainnya.

Perusahaan juga menyumbangkan tiga unit mobil ambulans untuk mempermudah akses mobilisasi pelayanan kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Makan Petai untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Gula Darah dan Cegah Anemia

IWIP bersama Pemkab Halmahera Tengah melakukan pembangunan Puskesmas Rawat Inap Lelilef secara bertahap.DOK. IWIP IWIP bersama Pemkab Halmahera Tengah melakukan pembangunan Puskesmas Rawat Inap Lelilef secara bertahap.

Menyadari pentingnya mendukung lingkungan yang sehat melalui fasilitas kesehatan (faskes) yang baik di desa sekitar kawasan industri dan tambang, IWIP bersama Pemkab Halmahera Tengah melakukan pembangunan Puskesmas Rawat Inap Lelilef secara bertahap.

Peran aktif IWIP dalam pelestarian lingkungan

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), IWIP berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan.

Dengan melibatkan komunitas pemuda, masyarakat setempat, dan akademisi, perusahaan telah menerapkan metode pelestarian dan pengelolaan ekosistem pesisir.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com