Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, Harga Emas Melonjak

Kompas.com - 05/02/2024, 16:40 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Menjelang imlek, harga emas melonjak lebih dari 20 poin dari pergerakan level 2.030-2.040 dollar AS per troy ounce menembus 2.060 dollar AS per troy ounce.

Andri Darmawan, Head of Corpcomm and Market Analyst PT International Business Futures mengatakan, lonjakan terjadi usai Bank Sentral Amerika (The Federal Reserve) memutuskan untuk menahan suku bunga tetap pada Kamis (1/2/2024) dini hari WIB.

Inflasi yang terkendali dan tingkat lapangan kerja yang positif menjadi dasar acuan untuk tidak terlalu terburu-buru dalam memangkas suku bunga.

Pernyataan tersebut sempat mendorong dolar AS menguat. Tapi lemahnya data klaim pengangguran AS menyeret dolar AS ke bawah level 103 sehingga emas terbang.

"Ada faktor lain pula terhadap harga emas di Februari ini yaitu, momen menjelang Imlek turut mempengaruhi sinar harga emas karena biasanya permintaan emas yang tinggi," ujar Andri di Bandung, Senin (5/2/2024).

Baca juga: Harga Emas Dunia Turun ke Level Terendah dalam Sebulan

Ditambah dengan konflik laut merah yang semakin memanas, kian mendorong keyakinan para investor untuk memburu emas dalam waktu dekat.

Prediksi harga emas menjelang hari raya Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024 nanti adalah bullish atau naik. Level terdekat yang akan disentuh adalah 2.070 dollar AS per troy ounce.

“Jika berlanjut maka harga akan kembali menanjak hingga ke 2.100 per troy ounce. Semua bergantung pula pada hasil data Non Farm Payroll hari ini,” ungkap Andri.

Baca juga: Harga Emas Dunia Naik Usai Rilis Data Ekonomi Terbaru AS

Jika hasil data pasar tenaga kerja turun, dan tingkat pengangguran naik maka emas dipastikan akan melanjutkan reli ke atas. Namun bila sebaliknya, emas bisa terseret jatuh ke level 2.030-2.020 dollar AS per troy ounce.

“Saya menyarankan trader memasang posisi buy pada level 2.045-2.055 dollar AS per troy ounce dengan target 2.070–2.090 dollar AS per troy ounce. Saatnya meraih cuan dari momen imlek,” ujar Andri.

Lantas kapan sebaiknya membeli emas? Andri mengungkapkan, bisa di akhir Maret 2024. Tepatnya setelah ada pengumuman resmi dari The Fed mengenai pemangkasan suku bunga serta mencermati risiko geopolitik akibat perang di laut merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com