Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Lakukan 2 Hal Ini di Usia 30-an untuk Kesuksesan Finansial

Kompas.com - 01/04/2024, 07:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Usia 30 tahun bagi banyak orang sering ditandai dengan langkah-langkah finansial yang besar. Misalnya, membeli rumah pertama, berganti pekerjaan, promosi jabatan, hingga mempersiapkan masa depan anak.

Dengan bertambahnya pengalaman kerja, kemungkinan besar Anda akan menghasilkan lebih banyak uang dibandingkan saat Anda berusia 20 tahunan.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan Anda masih tidak tahu pasti apa yang harus Anda lakukan dengan uang tersebut untuk menyiapkan diri meraih kesuksesan finansial di usia 40 tahunan dan seterusnya.

Baca juga: Simak 6 Soft Skill Dunia Kerja yang Harus Dikuasai di Usia 20-an

Ilustrasi utang, utang pribadi. SHUTTERSTOCK/CHAYANUPHOL Ilustrasi utang, utang pribadi.

Dikutip dari CNBC, Senin (1/4/2024), berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat usia 30 tahunan untuk mencapai kesuksesan finansial di masa-masa mendatang.

1. Kurangi utang

Meskipun melunasi utang juga harus menjadi fokus bagi mereka yang berusia 20 tahunan, Anda mungkin berada pada posisi yang lebih baik di usia 30 tahunan untuk fokus menangani pembayaran terutang.

"Karena kemungkinan besar Anda menghasilkan lebih banyak uang," kata Andrew Fincher, CFP dan penasihat keuangan di VLP Financial Advisors.

“Ketika Anda berusia 30 tahunan dan Anda memiliki kemampuan untuk membayar lebih banyak, itu adalah kerangka waktu yang tepat untuk benar-benar mencoba untuk tidak memperpanjang utang tersebut hingga usia 40 tahunan,” imbuh Fincher.

Baca juga: Ingin Merdeka Finansial di Usia Muda? Simak 6 Tips Berikut

2. Tingkatkan tabungan pensiun

Usia 30 tahunan adalah waktu yang tepat untuk memastikan tabungan pensiun berada pada jalurnya, dan berpotensi meningkatkannya.

Menurut Joe Conroy, perencana keuangan bersertifikat dan penulis “Decades & Decisions: Financial Planning At Any Age," tidak ada salahnya berhemat 1 persen lebih banyak setiap tahun selama beberapa tahun untuk meningkatkan tabungan Anda dan meningkatkannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com