Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Perencanaan Keuangan Pensiun

Kompas.com - 28/02/2024, 15:59 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengatakan, persiapan pensiun yang matang tanpa disertai pengelolaan perencanaan keuangan yang mumpuni justru akan membuat masa pensiun menjadi terganggu.

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Freddy Tedja mengatakan, bekal pensiun yang telah dikumpulkan selama bertahun-tahun bisa jadi tidak cukup karena kesalahan pengelolaan keuangan.

"Setelah bertahun-tahun mengumpulkan bekal pensiun yang cukup, tetapi karena kesalahan pengelolaan keuangan, uang pensiun menjadi tergerus dan tidak cukup lagi untuk menghidupi masa pensiun sesuai yang kita estimasi sebelumnya," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (28/2/2024).

Baca juga: Simak 5 Menyiapkan Dana Pensiun untuk Masa Depan

Dana pensiun adalah dana yang disimpan atau diinvestasikan selama masa kerja seseorang untuk memastikan keberlanjutan kehidupan finansial setelah pensiun.SHUTTERSTOCK/ITTIGALLERY Dana pensiun adalah dana yang disimpan atau diinvestasikan selama masa kerja seseorang untuk memastikan keberlanjutan kehidupan finansial setelah pensiun.

Ia menambahkan, tantangan dari hal ini adalah bagaimana bekal pensiun yang sudah dimiliki mampu menghidupi kita bertahun-tahun hingga tutup usia.

Lantas seperti apa persiapan pensiun dan pengelolaan keuangan di masa pensiun yang tepat?

Berikut ini adalah beberapa persiapan dan pengelolaan keuangan untuk persiapan pensiun yang dapat disimak masyarakat.

1. Bersiap sebelum dan sesudah pensiun

Persiapan pensiun bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih dianggap “pasti akan dapat dicukup-cukupkan”.

 

Baca juga: Simak 4 Cara Persiapkan Pensiun Tanpa Membebani Anak

Meskipun begitu, bagi orang-orang yang sudah menyadari pentingnya pensiun dan menganggap diri sudah memiliki bekal yang cukup, ketidakmampuan mengelola keuangan termasuk investasi di hari tua, bisa berdampak pada tergerusnya uang pensiun yang sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Masyarakat tidak pernah tahu sampai berapa panjang umur seseorang. Teknologi dan kesadaran manusia untuk hidup sehat mampu memperpanjang ekspektasi hidup manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com