Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Dhoho Kediri Resmi Layani Penerbangan Komersial Reguler

Kompas.com - 05/04/2024, 18:32 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jawa Timur resmi melayani penerbangan komersial reguler, Jumat (5/4/2024).

Hal tersebut ditandai dengan penerbangan perdana atau inaugural flight maskapai Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG752 asal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Adapun pesawat tersebut tiba di Bandara Dhoho Kediri pada pukul 09.40 WIB dengan mengangkut 175 penumpang.

Baca juga: Bandara Dhoho Diresmikan Setelah Lebaran, Penerbangan Pertama 5 April 2024

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi setelah acara buka puasa bersama di Artotel Casa Kuningan, Jakarta, Rabu (12/4/2023).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi setelah acara buka puasa bersama di Artotel Casa Kuningan, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney AIrports) Faik Fahmi mengatakan, hari ini menjadi momen bersejarah bagi Bandara Dhoho Kediri yang untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersial berjadwal oleh Citilink Indonesia.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kediri, PT SDHI, dan tentunya Citilink Indonesia atas sinergi dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik hingga hari ini," kata Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Jumat.

Faik Fahmi optimistis dengan beroperasinya penerbangan ini akan diikuti oleh maskapai penerbangan lainnya, sehingga akan memberikan multiplier effect terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kediri khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

"Sebagai operator bandara, AP I memastikan kesiapan SDM, standar keamanan dan keselamatan penerbangan, serta fasilitas pendukung kegiatan operasi pesawat udara untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara," ujarnya.

Baca juga: Maskapai Super Air Jet Bakal Mengawali Operasi Bandara Dhoho Kediri

Untuk diketahui, Bandara Dhoho Kediri merupakan bandara modern yang dilengkapi dengan infrastruktur penunjang seperti runway dengan dimensi 3.300 m x 45 m yang mampu melayani pesawat berbadan besar (wide body) Boeing 777-300ER.

Selain itu, bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 28.000 m2 berkapasitas 1,5 juta penumpang/tahun, apron komersial dengan kapasitas 12 pesawat berbadan ramping atau narrow body dan 3 pesawat wide body, serta apron VIP dengan kapasitas 4 pesawat kecil  dan 1 pesawat narrow body. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com