Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz Utama Kumpulkan Premi Bruto Rp 803,52 Miliar Sepanjang 2023

Kompas.com - 25/05/2024, 18:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mencatat pengumpulan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp 803,52 miliar sepanjang 2023. Angka tersebut tumbuh 20,7 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Sunadi mengatakan, pertumbuhan tersebut didorong oleh tiga lini asuransi, yaitu asuransi properti yang memberikan kontribusi Rp 251,41 miliar, asuransi perjalanan sebesar Rp 93,18 miliar, dan asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp 78,71 miliar.

"Hasil positif ini juga diikuti dengan peningkatan laba sebesar Rp 16,99 miliar, meningkat 274 persen dari tahun sebelumnya," kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (24/5/2024).

Ia menambahkan, pada 2023 Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp 171,01 miliar.

Baca juga: Asuransi Akan Dipisah Berdasarkan Modal, Allianz Utama: Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat

Selain itu, Allianz Utama juga memiliki rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448 persen, atau jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator senilai 120 persen.

Ia menjelaskan, fokus bisnis Allianz Utama adalah pada segmen ritel dan menawarkan proteksi dengan harga terjangkau kepada masyarakat.

Hingga akhir 2023, Allianz Utama memiliki lebih dari 6.000 mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Allianz Utama juga memanfaatkan jalur distribusi affinity dengan mitra terpercaya, seperti bekerja sama dengan lebih dari 100 travel agent.

Baca juga: Allianz Utama Kantongi Laba Rp 4,54 Miliar pada 2022

 


Sepanjang 2023 Allianz Utama melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku.

Allianz Utama juga meluncurkan Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk nasabah.

"Kami tak henti melakukan peningkatan kualitas pada seluruh aspek, terutama pada area penunjang penjualan dan pelayanan nasabah," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com