Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Danareksa Sekuritas Jadi Penjamin Pelaksana Emisi Sukuk ESG BSI

Kompas.com - 31/05/2024, 16:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) resmi ditunjuk oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) sebagai salah satu Penjamin Pelaksana Emisi Efek untuk mendukung penerbitan instrumen sukuk berbasis Environment, Social, Governance (ESG) pertama di Indonesia.

Ini berupa Sukuk Mudharabah Berlandasan Keberlanjutan Berkelanjutan atau Sukuk Sustainability dengan total Penawaran Umum Berkelanjutan senilai Rp 10 triliun.

Pada penerbitan Sukuk Sustainability Tahap I, BSI menargetkan total emisi yang akan dihimpun sebanyak-banyaknya sebesar Rp 3 triliun.

Baca juga: Rilis Sukuk Mudharabah Berkelanjutan, BSI Berikan Imbal Hasil hingga 7,2 Persen

 

Ilustrasi Sukuk. SHUTTERSTOCK/NOR SHAM SOYOD Ilustrasi Sukuk.

Sukuk Sustainability ini ditawarkan tiga seri kepada masyarakat, yaitu Seri A untuk tenor 370 Hari Kalender dengan indikasi kupon sebesar 6,40 sampai 7,10 persen, Seri B dengan tenor 2 tahun dengan indikasi kupon sebesar 6,45 sampai 7,15 persen, dan Seri C dengan tenor 3 tahun dengan indikasi kupon sebesar 6,50 sampai 7,20 persen.

Penerbitan Sukuk Sustainability ini nantinya akan digunakan oleh BSI untuk penyaluran pembiayaan baru atau pun pembiayaan yang sudah ada, baik langsung maupun tidak langsung atas kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) dan Kegiatan Usaha Berwawasan Sosial (KUBS) sebagaimana diatur dalam POJK Nomor 18 tahun 2023.

Direktur Investment Banking Capital Market BRIDS Kevin Praharyawan menyatakan, penerbitan Sukuk Sustainability ini dilakukan oleh BSI didasari oleh pesatnya perkembangan pasar surat utang tematik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan harapan salah satunya adalah untuk memperkaya instrumen keuangan di pasar modal Indonesia.

Baca juga: Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan, Apa Bedanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com