Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsultasi ESG Makin Dibutuhkan, Sucofindo Tingkatkan Layanan LVV

Kompas.com - 22/04/2024, 15:41 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian dari ID Survey, holding BUMN jasa survei, PT Sucofindo, terus meningkatkan layanan Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) untuk konsultansi Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Hal itu dilakukan sebagai upaya turut mendukung komitmen Nationally Determination Contribution (NDC) dalam menurunkan emisi Gas Rumah Kaca.

Direktur Layanan Industri PT Sucofindo Budi Utomo mengatakan, layanan konsultansi ESG mampu mendorong praktik berkelanjutan dan memfasilitasi investasi pada proyek mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Sehingga, mampu mendukung pencapaian target Enhanced Nationally Determination Contribution (ENDC) dalam pengurangan emisi.

Baca juga: ICSA: Penerapan ESG Tingkatkan Nilai Perusahaan di Mata Investor

Budi mengatakan, melalui layanan Konsultansi ESG juga dapat membantu perusahaan dalam pembuatan roadmap ESG, di mana nantinya sebagai landasan perusahaan dalam mengimplementasikan ESG secara berkelanjutan, dengan orientasi pada people, planet, and profit.

“Kami juga menyediakan pelatihan terkait ESG guna meningkatkan kesadaran (awareness) terhadap dan membantu perusahaan dalam memahami dan mengimplementasikan ESG di setiap proses bisnis,” kata Budi melalui keterangannya, Senin (22/4/2024).

Untuk mengoptimalkan layanan konsultansi ESG, kapasitas SDM PT Sucofindo terus ditingkatkan, salah satunya dengan mengikuti pelatihan International Business Machines Corporation (IBM) Envizi ESG Suite yang diselenggarakan oleh International Business Machines Corporation (IBM) di Singapura.

“Envizi merupakan rangkaian ESG berbasis SaaS (Sofware as a Services) yang mampu menyederhanakan temuan, konsolidasi, manajemen dan analisis keberlanjutan data, semua dicakup dalam satu kesatuan sistem pencatatan," kata Budi.

Baca juga: Wirausahawan Didorong Terapkan ESG

PGS Vice President of SBU Sertifikasi dan Ecoframework PT Sucofindo, Uus Usman menambahkan, Envizi memiliki potensi sebagai tools untuk membantu tim verifikator PT Sucofindo untuk melakukan verifikasi data dalam waktu yang lebih singkat dan akurat sehingga akan mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pelaporan data.

“Kami optimis mampu mendukung para stakeholder dalam mengharmonisasikan bisnis dengan implementasi keberlanjutan lingkungan, sosial tata kelola yang baik melalui layanan Jasa Validasi dan Verifikasi GRK,” pungkas Uus.

Sebagai informasi, Sucofindo saat ini memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com