Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Nabung untuk Liburan Seru Tanpa Bikin Kantong Jebol

Kompas.com - 18/06/2024, 11:12 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri liburan seru terkadang membuat kantong jadi jebol.

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan untuk menyambut waktu senggang setelah bekerja atau ujian sekolah, sikapi keuanganmu dengan bijar agar liburan tetap seru tanpa bikin dompet kempes.

Dilansir dalam laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Selasa (18/6/2024), OJK membagikan tips menabung mudah agar liburan seru tanpa kantor jebol.

Baca juga: BP Tapera Beberkan Alasan PNS Menabung Puluhan Tahun, tapi Cairnya Kecil

Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari

Perencanaan sangat penting bagi kamu yang ingin liburan tapi tak ingin kehabisan uang, mulailah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Dengan rencana yang matang, kamu bisa lebih efisien dalam mengatur budget dan mencari promo-promo menarik.

Buat target tabungan

Bikin target tabungan buat liburan, misalnya berapa uang yang ingin anda kumpulkan dalam satu bulan atau satu tahun. Dengan punya target, anda bakal lebih termotivasi buat nabung secara konsisten.

Pisahkan uang liburan dari pengeluaran harian

Jangan dicampuradukkan! Kamu harus pisahkan uang tabungan liburan dari uang untuk pengeluaran sehari-hari. Kamu bisa gunakan metode seperti membuka tabungan khusus atau gunakan aplikasi keuangan yang bisa membantu kamu memantau tabungan. Ingat ya, sisihkan, bukan sisakan.

Berhemat di kehidupan sehari-hari

Cobalah untuk mulai hemat di kehidupan sehari-hari. Misalnya, bawa bekal dari rumah daripada beli makan siang di luar, atau mengurangi budget minum kopi di kafe. Dengan hemat, uang yang bisa kamu tabung bakal semakin banyak, lho!

Manfaatkan promo dan diskon

Jangan ragu buat manfaatkan promo dan diskon yang ada. Mulai dari promo tiket pesawat, hotel, sampai dengan promo belanja barang-barang kebutuhan liburanmu. Dengan belanja pintar, uang kamu bisa lebih dihemat dan dialokasikan untuk tabungan liburan.

Ajak teman atau keluarga

Liburan bersama akan lebih seru, kan? Ajak teman atau keluarga kamu buat liburan bersama. Selain bisa seru-seruan liburan barsama, kalian juga bisa berbagi biaya untuk transportasi, akomodasi, dan lain-lain.

Demikian, beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk menabung dengan bijak buat liburan. Ingat ya, liburan memang penting untuk refreshing, tapi keseimbangan antara kesenangan dan kestabilan keuangan tetap harus dijaga. Jadi, mulai sekarang, yuk nabung untuk liburan seru!

Baca juga: Catat, Syarat Liburan ke Thailand Harus Bawa Uang Tunai Rp 6,5 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com