Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Momen Liburan, Begini Langkah Mudah Lakukan Klaim Asuransi Mobil

Kompas.com - 09/02/2024, 15:27 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Sebagian orang memanfaatkan momentum liburan sebagai wkatu yang tepat untuk berpergian bersama keluarga menggunakan kendaraan.

Sayangnya, acara bepergian  kerap dibayangi tantangan mulai dari jalan yang padat dan macet sehingga tak menutup kemungkinan kendaraan atau mobil yang digunakan menghadapi berbagai risiko, seperti mogok serta insiden yang melibatkan bodi kendaraan, mulai dari rusak ringan akibat tersenggol kendaraan lain, hingga kecelakaan berat atau mobil dicuri.

Untuk itu, tak ada salahnya memproteksi kendaraan dengan asuransi, seperti layanan yang dihadirkan BRI Insurance. Sebab, di mana pun dan kapan pun Anda bersama keluarga liburan, layanan klaim asuransi BRI Insurance mudah dilakukan, bahkan bisa lewat aplikasi BRINSMobile.

Meski mengurus klaim asuransi dapat dilakukan dengan mudah, Anda tetap wajib memperhatikan beberapa hal agar proses pengajuan berjalan lancar. Kondisi ini penting dipastikan agar pengajuan klaim kendaraan dapat ditangani secara cepat sampai mobil diperbaiki dan kembali mulus sesuai harapan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cek masa berlaku asuransi mobil

Anda sebaiknya memastikan polis asuransi kendaraan masih aktif. Jangan sampai, masa berlaku polis asuransi kendaraan sudah habis sehingga menyebabkan pengajuannya tidak dapat di-cover. Anda juga perlu melakukan pengecekan jenis asuransi yang digunakan. Hal ini biasanya tergantung dari jenis polis yang dipilih saat melakukan penutupan asuransi kendaraan.

2. Siapkan dokumen pendukung klaim asuransi

Siapkan syarat atau dokumen pendukung klaim asuransi, baik secara online maupun offline. Biasanya, dokumen yang dibutuhkan berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Siapkan pula surat keterangan dari pihak berwenang, seperti kepolisian atau pengelola jalan tol untuk memperkuat klaim asuransi. Dokumen resmi yang bermasalah (mati) bisa mengakibatkan klaim Anda ditolak.

Apabila Anda melakukan lapor klaim pada layanan asuransi via online, persiapkan juga dokumen tersebut dengan melakukan scan atau foto dokumen sesuai kebutuhan dan syarat klaim.

3. Segera lakukan lapor klaim lewat aplikasi

Bila semua syarat sudah lengkap dan asuransi masih aktif, Anda disarankan segara membuat laporan pada fitur lapor klaim yang tersedia pada aplikasi BRINSMobile. Layanan dapat diakses setiap waktu.

Setelah melakukan pelaporan melalui aplikasi atau channel lain, proses klaim akan langsung direspons oleh petugas klaim dalam 1x24 Jam sejak laporan diterima. Anda akan segera mendapat persetujuan dan kepastian perbaikan kendaraan dan ditangani oleh pihak bengkel.

4. Monitoring proses klaim secara online

Dalam proses perbaikan mobil di bengkel rekanan asuransi, Anda dapat melakukan monitoring proses klaim secara online. Memonitoring proses klaim dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dengan mengakses melalui aplikasi BRINSMobile, pilih sub menu claim untuk memasukan nomer tiket lapor klaim serta nomor plat kendaraan, lalu akan muncul nomor polis kendaraan tertanggung yang sudah dilaporkan.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan monitoring proses klaim kendaraan atas nomor polis kendaraan lewat handphone.

Selain lewat aplikasi BRINSmobile, fitur lapor klaim dan claim tracking juga dapat diakses melalui beberapa channel layanan, antara lain WhatsApp official di 08118014081, contact center 14081 dan website www.brins.co.id.

Akses layanan tersebut juga dapat memberikan layanan yang cepat dan mudah terkait informasi terkait produk dan layanan asuransi kerugian BRI Insurance lainnya.

5. Serah terima mobil

Setelah kendaraan selesai diperbaiki, Anda akan dihubungi oleh pihak asuransi untuk serah terima kendaraan. Lakukan inspeksi dahulu untuk memastikan kondisi kendaraan yang dimiliki sudah prima.

Jika sudah tidak ada masalah, Anda bisa menandatangani berkas serah terima kendaraan. Selain itu, Asuransi Kendaraan di BRI Insurance juga memiliki layanan BRINS Claim Service Solution (B-CLASS). Dengan layanan ini, kendaraan yang sudah diperbaiki bisa diantar menggunakan towing B-Class sampai tempat tujuan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com