Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insight IM Sebut Investor Milenial dan Gen Z Minati Reksa Dana yang Berdampak Sosial

Kompas.com - 05/07/2024, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial dan Generasi Z kini semakin menunjukkan ketertarikan yang besar dalam dunia investasi. Insight Investments Management (Insight IM) mencatat bahwa sekitar 70 persen dari investor mereka berasal dari dua generasi ini.

“Kami berkomitmen melakukan berbagai strategi, terutama melalui inovasi pengembangan reksa dana dengan dampak sosial yang inovatif dan relevan guna menarik lebih banyak investor muda,” kata Direktur Insight IM Ria M Warganda di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Dia mengatakan, berdasarkan data per akhir 2023, tercatat bahwa dominasi investor milenial dan Generasi Z yang memilih reksa dana Insight IM adalah sekitar 70 persen.

Porsi angka ini merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan beberapa kelompok usia lainnya.

“Kami optimis angka ini akan semakin naik di tengah tren investasi anak muda yang kami lihat akan terus berlanjut,” ujar dia.

 Baca juga: Dana Kelolaan Reksa Dana BRI Manajemen Investasi Rp 32 Triliun per Mei 2024

Ria menjelaskan bahwa dominasi investor milenial dan Generasi Z selaras dengan data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Januari 2024, yang menyebutkan bahwa 56,29 persen investor pasar modal berusia 30 tahun ke bawah.

Selain itu, sebanyak 23,66 persen investor berada pada rentang usia 31-40 tahun. Data ini menunjukkan bahwa mayoritas investor di pasar modal Indonesia berasal dari Generasi Z dan milenial.

Dia mengatakan, potensi pasar yang masih besar ini mendorong Insight IM untuk melakukan berbagai langkah untuk mendorong ketertarikan investasi bagi anak muda.

Mulai dari aktivitas edukasi keuangan ke kampus-kampus, edukasi ringan seputar investasi dan keuangan bagi investor pemula, kerja sama dengan berbagai Agen Penjual Reksa Dana fintech, hingga pengembangan aplikasi reksa dana online yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

“Baik secara offline misalnya di kampus-kampus, hingga di sosial media, edukasi keuangan yang sifatnya informatif terus kami jalankan,” kata Ria.

Baca juga: Mana Lebih Cuan, Reksa Dana Pasar Uang atau Deposito?

 


Ria menjelaskan, setiap minggunya pihaknya memastikan terus melakukan edukasi, secara online untuk investor-investor pemula. Dia juga menegaskan bahwa pihaknya terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan APERD fintech untuk tentunya memperluas dan mempermudah akses pembelian.

“Saat ini kami juga menyiapkan aplikasi reksa dana online bernama InvestasiIN yang menggabungkan pengalaman berinvestasi sembari berkontribusi sosial,” jelas Ria.

Ria mengatakan, kontribusi sosial tersebut muncul karena setiap produk reksa dana Insight IM memiliki tema yang sejalan dengan isu-isu sosial dan lingkungan.

Ini juga selaras dengan strategi mendekatkan Insight IM atas sikap generasi muda saat ini yang semakin peka dengan isu-isu terkini, salah satunya isu lingkungan.

“Kami memiliki berbagai reksa dana unggulan yang memang related ke isu yang kami lihat jadi concern anak muda sekarang, yakni lingkungan. Salah satunya adalah Reksa dana I-Renewable Energy Fund,” jelas dia.

Ria bilang, sejak peluncurannya 13 tahun yang lalu, I-Renewable Energy Fund mencetak total return sebesar 138,85 persen dan secara konsisten kinerjanya dapat mengungguli benchmark.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com